Salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana petani bisa mandiri dan sejahtera.
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan mengharapkan Kementerian Pertanian (Kementan) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) membantu Pemkab Sigi dalam membangun kemandirian petani di kabupaten ini.

"Salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana petani bisa mandiri dan sejahtera," ujar Mohamad Irwan, di Sigi, Minggu, saat mendampingi kunjungan kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo di daerah itu.

Kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo, ia mengatakan Sigi merupakan daerah yang memiliki potensi sektor pertanian yang sangat memadai.

Potensi tersebut, ujarnya, harus memberikan dampak manfaat yang besar dalam membangun kemandirian daerah dan kemandirian petani.

"Maka pemerintah bertugas untuk menjadi media penghubung, yang menghubungkan kebutuhan petani untuk membangun kemandirian dengan memanfaarkan potensi sektor pertanian," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia lagi, Pemkab Sigi mengusung visi Sigi berdaya saing berbasis agribisnis, yang menjadikan sektor pertanian sebagai andalan membangun kemandirian desa.

Melalui visi ini, Pemkab Sigi mengintervensi kebutuhan petani mulai dari pembukaan lahan, penyediaan alat mesin pertanian, benih dan pupuk, serta pemasaran dan permodalan.

"Diharapkan bantuan-bantuan ini ada timbal baliknya pada aspek penguatan pangan, dan peningkatan ekonomi," ujarnya pula.

Dia menguraikan dalam mendukung dan mempercepat pengembangan sektor pertanian dilakukan melalui program pengembangan komoditas unggulan pada sub sektor tanaman pangan meliputi komoditas padi, jagung, kedelai, dan kacang tanah.

Kemudian subsektor hortikultura meliputi durian musang king, avokad, kelengkeng, manggis, dan sayuran organik. Subsektor perkebunan yaitu kakao, kopi, kelapa, cengkih, kemiri, dan vanili.

Di samping itu, kata dia lagi, untuk menopang pengembangan sektor pertanian dilakukan program pembiayaan petani miskin melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) nol persen, pengembangan koperasi berbasis pertanian.

"Pemerintah Kabupaten Sigi sangat berkomitmen untuk bersama berikhtiar mewujudkan Kabupaten Sigi yang maju, lebih baik, lebih sejahtera yaitu Kabupaten Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis," ujarnya lagi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo merespons positif harapan Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Syahrul mengatakan bahwa pertanian menjadi hal utama untuk menjamin kemandirian masyarakat baik dari aspek ekonomi maupun dari pemenuhan kebutuhan pangan.
Baca juga: Mentan sebut panen raya padi secara nasional mulai bertahap
Baca juga: Mentan mendorong anak muda Sulteng bangun pertanian modern

 
Bupati Sigi Mohamad Irwan (ujung kiri) mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (tengah) saat melakukan kunjungan kerja, di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulteng, Minggu (19/2/2023). ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023