Mudah-mudahan dengan adanya droping Minyakita ini dapat menurunkan harga minyak goreng di pasaran.
Temanggung (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung menggelontorkan 2.880 liter Minyakita di Pasar Kliwon, Temanggung.

Kepala Bidang Perdagangan Dinkopdag Kabupaten Temanggung Pontjo Marbagyo, di Temanggung, Senin, mengatakan penyaluran Minyakita tersebut sebagai upaya untuk menjaga stok dan menstabilkan harga di pasaran.

Ia menyampaikan melalui intervensi ini diharapkan kebutuhan minyak goreng di masyarakat terpenuhi dan harga terkendali, termasuk pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang.

"Hari ini dilakukan kegiatan droping Minyakita program dari Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dan Dinkopdag Kabupaten Temanggung sebanyak 2.880 liter yang disalurkan ke sejumlah pedagang eceran," katanya pula.

Dia mengatakan, di tengah kenaikan harga minyak goreng di pasaran beberapa pekan lalu, banyak masyarakat yang biasa menggunakan minyak goreng premium beralih ke Minyakita, sehingga ketersediaan Minyakita di pasaran mengalami kekosongan.

Pontjo menuturkan Dinkopdag Kabupaten Temanggung juga telah menyiapkan tim pengawas yang melibatkan satgas pangan untuk memastikan penjualan Minyakita sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp14.000 per liter.

Seorang pedagang di Pasar Kliwon, Temanggung Tri Murni mengatakan dalam beberapa pekan terakhir harga minyak goreng melambung hingga Rp20.000 per liter.

"Mudah-mudahan dengan adanya droping Minyakita ini dapat menurunkan harga minyak goreng di pasaran, karena Minyakita ini paling murah harganya dan paling banyak dicari," katanya lagi.
Baca juga: Ganjar perketat pengawasan distribusi Minyakita di Jateng
Baca juga: Kemendag siap salurkan 3.000 ton Minyakita di Jateng

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023