Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar surat panggilan tes kerja pada 19-21 Februari 2023 dengan mengatasnamakan PT Pertamina (Persero).

Tercantum pula 40 nama peserta yang lolos untuk mengikuti rangkaian tes di kantor pusat Pertamina, di Jakarta Pusat. 

Peserta yang berasal dari luar Jakarta turut dijanjikan menerima penggantian uang akomodasi dan transportasi, usai pelaksanaan tes, sebagaimana termuat dalam surat rangkap empat itu.

Berikut potongan narasi yang termuat dalam surat tersebut:
"A. Selama Kegiatan Tes Berlangsung Angkasa Pura Menyediakan Fasilitas Buat Para Peserta Berupa Akomodasi (Hotel), Konsumsi dan Biaya Trasportasi PP Dengan Ketentuan:
a) Peserta yang berasal dari luar kota Jakarta akan disediakan Hotel dan transportasi PP, penggantian akan dibayarkan setelah tiba di tempat tes, dimana untuk biaya akomodasi dan biaya tiket transportasi peserta dari tempat domisili ke tempat pelaksanaan kegiatan akan menjadi beban sementara atau peserta terlebih dahulu talangi pembayaran tiket di Angkasa Pura yang telah ditentukan
,".

Lantas, benarkah surat rekrutmen Pertamina itu valid?


Penjelasan:
Perusahaan negara pengelola minyak dan gas bumi itu telah membantah informasi yang termuat dalam surat panggilan tes kerja tersebut.

"Sobat, selalu waspada bila terima info rekrutmen Pertamina seperti ini. Pastikan Sobat teliti & cek kembali informasi yang diterima," demikian isi keterangan di akun Twitter resmi Pertamina, @pertamina.

Unggahan pada 17 Februari 2023 itu turut menjelaskan bahwa proses rekrutmen resmi yang dijalankan PT Pertamina dapat dipantau melalui http://recruitment.pertamina.com.

Klaim: Rekrutmen Pertamina disertai penggantian biaya akomodasi
Rating: Disinformasi
 
Baca juga: Kantongi pernyataan efektif, Pertamina Geothermal IPO Rp9,78 triliun

Cek fakta: Misinformasi! Rendam tabung gas dalam air hangat agar hemat

Baca juga: Dirut: Kebijakan pemerintah berdampak positif bagi Pertamina

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023