Tokyo (ANTARA) - Masyarakat memadati Kebun Binatang Ueno di Tokyo, Jepang, Minggu (19/2), untuk memberi salam perpisahan secara langsung kepada Xiang Xiang, panda raksasa betina berusia lima tahun yang yang akan pulang ke China.

Panda selebritas yang akan segera pulang ke China itu membuat para penggemar rela menunggu berjam-jam di kebun binatang tersebut guna menyampaikan salam perpisahan.

Undian tiket untuk melihat Xiang Xiang, Minggu, digelar lebih awal karena banyaknya pengunjung, dengan peluang mendapatkan tiket secara keseluruhan melampaui 20 kali dan peluang bagi kelompok penonton terakhir mencapai 70 kali.

Nama Xiang Xiang, yang lahir pada Juni 2017, dipilih dari 320.000 lebih saran pengunjung Kebun Binatang Ueno pada September atau tiga bulan setelah kelahirannya. Xiang Xiang menjadi sangat populer tak lama setelah tampil di depan publik pada Desember 2017.
 
Panda raksasa Xiang Xiang di Taman Zoologi Ueno di Tokyo, Jepang, Minggu (19/2/2023). (ANTARA/Xinhua/Zhang Xiaoyu)


Xiang Xiang lahir dari pasangan panda raksasa Shin Shin (betina) dan Ri Ri (jantan) yang tiba di Kebun Binatang Ueno pada 2011.

Bayi panda pertama Shin Shin dan Ri RI mati hanya dalam beberapa hari setelah kelahirannya di 2012. Xiang Xiang merupakan bayi kedua mereka dan menjadi panda raksasa pertama yang lahir dan dibesarkan di Kebun Binatang Ueno dalam hampir tiga dekade sejak panda raksasa You You lahir pada 1988.

Xiang Xiang akan melakukan perjalanannya ke China pada Selasa (21/2). Awalnya, Xiang Xiang dijadwalkan pulang saat dia berusia dua tahun. Namun, kepulangannya ditunda karena pandemi COVID-19.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023