Orlando (ANTARA) - Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah dua jurnalis televisi yang sedang melaporkan peristiwa pembunuhan dekat Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS), Rabu, menewaskan satu orang dan melukai lainnya.

Selain itu, pria bersenjata tersebut kemudian juga menembak seorang gadis berusia sembilan tahun dan melukai ibunya yang berlokasi tidak jauh dari rumah mereka, demikian menurut otoritas setempat.

Sherif John Mina, petugas keamanan dari Orange County, mengatakan bahwa seorang tersangka bernama Keith Melvin Moses (19 tahun) ditangkap setelah menyerang kru berita TV serta seorang ibu beserta anaknya tersebut.

Lokasi penembakan kru TV dan ibu bersama anaknya tersebut hanya berjarak sekitar satu blok di Pine Hill, di luar Orlando.

Moses ditahan sebagai tersangka dalam kedua serangan itu dan secara resmi didakwa membunuh seorang wanita berusia 20-an beberapa jam sebelumnya, penembakan yang dilakukan saat kedua jurnalis tersebut sedang bertugas, kata Mina.

Mina menggambarkan kedua jurnalis itu sebagai reporter dan fotografer untuk stasiun TV kabel Spectrum News 13 dari Florida tengah, yang dimiliki oleh Charter Communications.

Tidak ada korban yang teridentifikasi.

Baca juga: Enam orang tewas dalam penembakan di California, termasuk bayi 6 bulan

Mina mengatakan tersangka memegang pistol ketika ditahan dan memiliki catatan kriminal yang panjang, termasuk ditahan atas tuduhan pelanggaran senjata api, penyerangan dengan senjata mematikan, perampokan dan pencurian besar-besaran.

Menurut Mina, tidak diketahui secara jelas apa motif dibalik penembakan itu, tetapi dia mengatakan Moses diyakini mengenal korban pertama, yang ditembak saat duduk di dalam mobil bersama tersangka pria bersenjata lainnya.

Mina mengatakan dia tidak tahu apakah kedua wartawan itu menjadi sasaran karena profesi mereka. Dia menambahkan bahwa mobil mereka tidak memiliki logo dan tanda yang biasanya terlihat pada kendaraan stasiun TV. Mereka berada di dalam atau di dekat kendaraan mereka saat ditembak.

"Sejauh yang kami tahu, dia (tersangka) tidak memiliki hubungan dengan para wartawan dan tidak ada hubungan dengan ibu atau anak berusia 9 tahun itu, dan kami tidak tahu mengapa dia memasuki rumah mereka," kata Mina.

Dia mengatakan ibu dan jurnalis yang selamat berada di rumah sakit dalam kondisi kritis.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre menyampaikan pesan belasungkawa di Twitter.

"Hati kami bersama keluarga jurnalis yang terbunuh hari ini dan anggota kru yang terluka di Orange County, Florida, serta seluruh tim Spectrum News," katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Penembakan di kampus Michigan AS tewaskan tiga orang dan tersangka

Baca juga: NYT: Marak penembakan, keamanan jadi strategi pemasaran sekolah di AS

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023