• Layanan konsultasi Komunikasi tentang Isu Keberlanjutan (Sustainability Communications) membantu perusahaan menghindari greenwashing, serta secara efektif mengomunikasikan komitmen dan kontribusi perusahaan kepada pemangku kepentingan.
  • Memadukan analisis forensik berdasarkan kepakaran atas Laporan Keberlanjutan perusahaan, menyediakan panduan tentang cara penyampaian pesan komunikasi, serta mengadakan pelatihan tentang keahlian komunikasi bagi manajemen senior.
Singapura dan San Diego (ANTARA/PRNewswire)- Berbagai perusahaan kini dapat menjamin inisiatif keberlanjutan (sustainability) yang dijalankannya tidak terkena tudingan memalukan, seperti klaim ramah lingkungan yang dibuat secara asal-asalan (greenwashing), lewat layanan konsultasi komunikasi tentang isu keberlanjutan (sustainability communications) dari Hong Bao Media.

Program "Greenwash-proof your Sustainability Communications" membantu berbagai perusahaan mempertajam pesan tentang inisiatif keberlanjutan yang ingin disampaikan lewat publisitas. Apalagi, kalangan investor, regulator, LSM, dan media biasanya memeriksa materi publisitas tersebut dengan cermat untuk menghindari greenwashing.

Bekerja sama dengan Beyond3020, Inc. yang berbasis di San Diego, Tim Manajemen Senior dan Direksi perusahaan akan memperoleh audit atas Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang diterbitkan perusahaan mereka. Audit ini mencakup panduan tentang cara merumuskan kembali metode keterbukaan informasi (disclosure) perusahaan, jika diperlukan. Audit ini menghasilkan cara penyampaian inisiatif keberlanjutan yang telah tercapai dan terkuantifikasi, serta memenuhi standar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni "integritas yang telah tercapai, transparansi radikal, serta akuntabilitas pihak ketiga".

"Banyak peserta pelatihan media ingin mengomunikasikan inisiatif keberlanjutannya. Maka, layanan terbaru kami akan mempertajam pesan yang ingin disampaikan agar peserta pelatihan mampu menghadapi pemeriksaan resmi dari seluruh pemangku kepentingan," ujar Mark Laudi, Managing Director, Hong Bao Media.

"Karya kami dalam implementasi SDG mencakup analisis forensik atas laporan keberlanjutan dan memeriksa indikasi greenwashing, bekerja keras mengedit konten tersebut, serta mengatasi kesenjangan dalam peningkatan proses jika dimungkinkan," tambah Dr. Brooke Newman, CEO, Before3020, Inc., sebuah badan layanan umum (Public Benefit Corporation).

"Program ini mirip seperti ajang 'hackathon' dalam isu keberlanjutan perusahaan (corporate sustainability); kami menemukan kelemahan dalam inisiatif keberlanjutan, dan komunikasi akan membantu Anda menghindari tudingan greenwashing yang memalukan dan berpotensi merugikan," kata Robert van Zwieten, fractional COO/CFO, Before3020, Inc., serta anggota Dewan Direktur Hong Bao Media.

"Ketajaman komunikasi tentang inisiatif keberlanjutan semakin dibutuhkan. Investor pun kian merasa kelabakan, sebab keterbukaan informasi dan komentar analis sering kali tidak memenuhi standar dan memperkeruh situasi ketimbang mengklarifikasi masalah," ujar Laudi. "Perusahaan yang menjaga komunikasi tentang inisiatif keberlanjutan dari tudingan greenwashing dapat membangun daya saing penting, khususnya dibandingkan perusahaan yang selalu menyampaikan pesan kualitatif dan bernada positif, serta perusahaan yang kurang terlibat dalam penanganan perubahan iklim sehingga berisiko dikritik publik."

~ SESI PERKENALAN / TANYA-JAWAB ~
Anda dapat mengikuti sesi perkenalan dan tanya-jawab secara gratis tentang layanan konsultasi "How to greenwash-proof your Sustainability Communications" pada Selasa, 11 April 2023, pukul 13:30-15:30 SGT.


Pembicara:
Mark Laudi adalah CEO, Hong Bao Media, penyedia layanan konsultasi dan pelatihan media, serta komunikasi yang berbasis di Singapura dan Kuala Lumpur.
Dr. Brooke Newman adalah CEO dan Pendiri Before3020, Inc., perusahaan B2B generasi baru yang menawarkan layanan lengkap bagi pembuat terobosan. Before3020, Inc. ikut mendatangkan imbal hasil sosial dan finansial bagi perusahaan lewat implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN SDG).
Robert van Zwieten memegang sejumlah jabatan, termasuk fractional COO/CFO, Before3020, Inc., serta anggota Dewan Direktur Hong Bao Media.

Informasi lebih lanjut:
Mark Laudi
mark.laudi@hongbaomedia.com
(65) 6223 2249


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023