Depok (ANTARA) - Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia (UI) Amelita Lusia mengatakan bahwa saat ini UI berfokus untuk masuk menjadi the big five
universitas di ASEAN melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan.

"Dengan tetap menanamkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami berharap sivitas akademika UI dapat terus berkembang dan terpacu menjadi lebih baik di tingkat ASEAN, Asia, dan global melalui inovasi mereka," ujar Amelita Lusia di Kampus UI Depok, Kamis.

Sementara itu, Sekretaris Universitas UI Agustin Kusumayati menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada sivitas akademika UI yang terus meningkatkan kerja sama dalam mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

"Melalui kerja keras dan kerja cerdas, sivitas akademika berupaya meraih prestasi yang membanggakan untuk UI maupun Indonesia," katanya.

Baca juga: ILUNI FIB UI ajak alumni berkontribusi bangun SDM Indonesia

Ia mengatakan tujuan besar UI adalah mencerdaskan anak Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus mengetahui apa yang perlu dicapai. Ini adalah waktu yang baik dalam melihat tantangan, peluang, dan harapan kita bersama.

Salah satu upaya dalam mencapai tujuan tersebut adalah UI terus menciptakan berbagai inovasi yang berdampak secara langsung kepada masyarakat.

Melalui kerja sama dengan berbagai mitra, seperti kementerian, swasta, dan lembaga masyarakat, kata dia, para dosen dan mahasiswa memperoleh dukungan dalam berinovasi.

Universitas Indonesia (UI) menutup rangkaian Dies Natalis Ke-73 lewat acara luring yang diselenggarakan di Balairung UI, Kampus Depok, Jawa Barat, Rabu (23/2).

Baca juga: UI luncurkan "Smart Classroom" dan "Remote-Virtual Lab"

Dies Natalis bertema Inovasi UI untuk Indonesia Unggul ini, sebelumnya diawali Sidang Terbuka dengan orasi ilmiah oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada 2 Februari 2023.

Kemudian, pemberian penghargaan kepada sivitas akademika UI, serta peluncuran Smart Classroom dan Remote-Virtual Lab UI pada 15 Februari 2023.

UI merayakan puncak acara Dies Natalis Ke-73 yang dimeriahkan oleh penampilan pemenang lomba vokal dan penampilan spesial dari penyanyi Yura Yunita.

Baca juga: Inovasi UI yang terbukti memberi solusi bagi negeri 

UI juga memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba yang berlangsung sejak bulan Januari, antara lain pertandingan olahraga, lomba menghias tumpeng, kompetisi video reels instagram, line dance, penulisan berita, vokal (solo, duo, dan grup), dan kompetisi cipta lagu.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023