Penajam Paser Utara (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo makan siang bersama para pekerja proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kantin Pekerja, Kawasan Hunian Pekerja Konstruksi, di sela-sela peninjauan pembangunan kawasan IKN

Setibanya di kawasan itu, Presiden Jokowi menyapa para pekerja proyek dan mempersilakan mereka untuk memulai makan siang.

"Sudah makan? Silakan dimulai," kata Presiden Jokowi di Kantin Pekerja, Kawasan Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis.

“Iya Pak, terima kasih Pak Jokowi,” jawab para pekerja dari meja panjang putih yang menjadi tempat santap siang Presiden Jokowi, Ibu Iriana, dan para pekerja konstruksi.

Ahmad Firman, salah satu pekerja yang mendapatkan kesempatan duduk satu meja bersama Presiden dan Ibu Iriana Jokowi, mengaku bangga mendapat kesempatan untuk makan siang bersama, bahkan mengobrol langsung dengan Presiden dan Ibu Iriana.

Baca juga: Jokowi yakin investor akan tertarik dengan suasana IKN
Baca juga: Presiden Jokowi tunjukkan lokasi istana kepresidenan di IKN


Firman menyebut awalnya ia tidak termasuk dalam daftar pekerja proyek yang ikut serta, namun begitu ada kesempatan ia langsung mendaftarkan diri.

"Langsung disuruh ngobrol malah sama Pak Presiden. Wah bangga banget, Pak. Bener bangga banget, Pak," kata Firman.

Menurut Firman, Presiden sempat bertanya terkait aktivitasnya selama empat bulan berada di proyek pembangunan IKN. Ia bercerita terkait sarana, prasarana, dan fasilitas yang ada di proyek pembangunan IKN.
Presiden Jokowi mengecek Kawasan Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (23/2/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

"Tanya-tanya, gimana fasilitasnya di sini? gimana nyaman atau tidak? Sudah berapa bulan? Masalah apa saja sarana dan prasarana di sini? Tanya apa fungsinya kartu multifungsi dari BNI? Jadi saya ceritakan apa adanya yang saya alami, yang saya rasakan selama di sini," ungkap Firman.

Tidak hanya itu, Presiden sempat memberikan pertanyaan terkait nama putra-putrinya. Firman pun berhasil menjawab dan mendapatkan hadiah sepeda yang akan digunakannya untuk bekerja sekaligus berolahraga.

"Sepedanya mah ya buat kerja, kan kerjanya besok ke Kominfo, jadi bisa bolak-balik enggak harus tunggu jemputan. Kita kan bisa sambil olahraga gitu," tambah Firman.

Firman menilai sosok Presiden Jokowi sebagai orang bijaksana, berwibawa, dan selalu mengutamakan rakyat kecil.

"Ya Allah bersyukur banget Ya Allah, saya nangis, kayak mimpi," tutur Firman.

"Luar biasa, Pak Presiden Jokowi. Mantap lah!" tandasnya.

Turut mendampingi Presiden, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Ketua Badan Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Ketua Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023