Mataram (ANTARA) - Pemuda Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Nusa Tenggara Barat mendeklarasikan dukungan terhadap paket petahana Gubernur Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah atau Zul-Rohmi jilid II untuk Pilkada 2024 mendatang.

Ketua Pemuda NWDI NTB Ahmad Muslim, mengaku dukungan Pemuda NWDI terhadap Zul-Rohmi jilid II ini karena pihaknya menilai keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dalam melaksanakan agenda penting NTB melalui program NTB Gemilang harus dipertahankan dan dilanjutkan.

"Program yang berkelanjutan dan program inovatif pada seluruh sektor sampai pada subsektor yang telah terlaksana pada pemerintahan Zul-Rohmi, adalah keberhasilan seluruh masyarakat NTB. Tentunya sangat diharapkan pembangunan NTB ke depan harus tetap pada agenda program jangka panjang yang selaras," kata Ketua Pemuda NWDI Ahmad Muslim didampingi Sekretaris Abdurrahman, dan perwakilan pengurus daerah pemuda NWDI se-NTB di Mataram, Kamis.

Ia menegaskan deklarasi Zul-Rohmi jilid II ini merupakan wujud dari apresiasi keberhasilan pembangunan NTB atas kepemimpinan Zul-Rohmi. Bahkan, dirinya mengklaim, deklarasi tersebut merupakan buah dari koordinasi dan hasil kajian pembangunan Pemuda NWDI NTB beserta seluruh Pengurus Daerah Pemuda NWDI se-NTB.

"Maka dengan ini kami Pemuda NWDI NTB bersama Pengurus Daerah Pemuda NWDI NTB, mendeklarasikan pasangan Zul-Rohmi tetap pada satu barisan, tetap maju bersama pada Pilkada NTB 2024," terangnya.

Ahmad Muslim merinci sejumlah alasan dan indikator keberhasilan pembangunan NTB pada masa pemerintahan Zul-Rohmi dengan slogan NTB Gemilang.

Pertama, good governance. Pihaknya melihat, Zul-Rohmi mampu menghadirkan reformasi birokrasi yang rasional dengan mengedepankan profesionalitas dalam mengelola birokrasi sistem pemerintahan yang ada. Transformasi birokrasi yang berintegritas, berkinerja tinggi, bersih.

"NTB mampu bangkit dari dua bencana. Meski mengalami gempa bumi dan pandemi COVID-19, namun pertumbuhan perekonomian NTB tetap stabil dan bahkan membaik. Ruang partisipasi publik juga sangat terbuka dalam setiap aspek pembangunan," ujarnya.

Pemuda NWDI NTB juga mengapresiasi upaya dan keberhasilan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui program 1.000 Cendikia.

Program pengiriman mahasiswa NTB ke luar negeri dengan tujuan untuk melihat dan belajar tentang masa depan global dilihatnya mampu menghasilkan kualitas SDM NTB yang berdaya saing.

"Sejak 2019 hingga 2022, total penerima beasiswa tercatat 4.470 orang. Dengan rincian penerima luar negeri 765 orang dan penerima dalam negeri 3.705 orang," ucapnya.

Dari sisi pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM, Zul-Rohmi juga dilihat sukses menumbuhkan usaha kreatif dan membentuk kemandirian UMKM di NTB.

Secara eksplisit, ia menyebut adanya Peraturan Gubernur NTB Nomor 43 Tahun 2020 tentang Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Bela dan Beli Produk Lokal menjadi bentuk keberpihakan Pemprov kepada UMKM.

Zul-Rohmi dilihatnya mampu mendorong pertumbuhan usaha ekonomi kerakyatan berbasis potensi sumberdaya lokal. Hal itu berimplikasi terhadap terciptanya lapangan kerja dan tumbuhnya wirausaha baru

"Program usaha yang terintegrasi antar pelaku usaha dengan penyedia jasa usaha. Pemberian bantuan fasilitas usaha dan modal usaha kepada UMKM NTB," kata Ahmad Muslim.

Dari sisi perimbangan pembangunan daerah, Zul-Rohmi diakui mampu menghadirkan perimbangan pembangunan infrastruktur di Pulau Lombok dan Sumbawa. Termasuk pula pembangunan SDM.

Kemudian perimbangan pengelolaan potensi wisata, ekonomi, pendidikan sampai pada pertanian dan kehutanan.

Ahmad Muslim juga mengacungi jempol program industrialisasi yang menjadi salah satu program prioritas kepemimpinan Zul-Rohmi.

"Pengadaan sarana produksi pertanian, seperti traktor, alat angkut, mesin perontok, pengering, pabrik penggilingan dan industri pengolahan, hasil assamble oleh putra-putri NTB. Terbangunnya ekosistem industrialisasi, pelatihan pelatihan pewarna alam untuk kain tenun, bimtek tenun menggunakan ATBM, festival desainer tenun Lombok Sumbawa," ucapnya.

"Industri permesinan alat transportasi, industri hulu agro, juga mulai menampakkan capaiannya. Misalnya Industrialisasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) seperti minyak atsiri, minyak cengkeh, minyak kayu putih," sambungnya.

Industri pangan tersebut dimulai dari kegiatan standardisasi dan sertifikasi olahan pangan lokal. Dua hal lain yang menjadi terukir menjadi keberhasilan Zul-Rohmi adalah sukses digelar-nya kegiatan-kegiatan internasional di NTB. Seperti MotoGP, WSBK, dan MXGP.

"Program pemerintah pusat yang direalisasikan di NTB sudah sangat banyak, hal ini menunjukkan kekuatan Kepemimpinan NTB dalam menjalin kerjasama yang baik dan dijadikan prioritas oleh pemerintah pusat.Baik pada aspek sosial, budaya bahkan pada aspek infrastruktur yang terukur," terangnya.

Terakhir, Pemuda NWDI NTB menilai visi NTB Gemilang bersama Zul-Rohmi pada pada setiap program kerja yang dilakukan juga tetap mengedepankan kemaslahatan dan kemanfaatan untuk semua.

Terakomodasi-nya semua kelompok-kelompok baik organisasi kemasyarakatan, agama dan kepemudaan pada setiap agenda pembangunan NTB menjadi catatan apik.

"Gerakan sosial juga terlihat atas program NTB Gemilang dalam merespon kondisi masyarakat. Misalnya dalam bidang kesehatan juga bidang kebencanaan. Toleransi juga terawat," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023