Pembangunan PSU untuk perumahan bersubsidi di Kalimantan Selatan termasuk dalam Proyek Strategis Nasional.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menyiapkan program pembangunan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk mendukung pembangunan rumah di kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pembangunan PSU untuk perumahan bersubsidi di Kalimantan Selatan termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, khususnya dalam pembangunan IKN Nusantara,” kata Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR berkomitmen dan mendukung penuh optimalisasi pembangunan infrastruktur di daerah melalui program bantuan PSU berupa jalan lingkungan yang tertata dengan baik. Selain itu, juga menjadi upaya pemerintah mendorong minat masyarakat memiliki rumah idaman yang nyaman, aman dan sehat.

Pembangunan hunian untuk masyarakat seperti rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan sebagai penyangga IKN Nusantara terus mendapatkan perhatian pemerintah pusat khususnya Kementerian PUPR. Salah satunya adalah dengan mendorong program pembangunan PSU, sehingga masyarakat bisa menikmati hunian yang nyaman dan fasilitas yang memadai.

Tujuan dari bantuan pembangunan PSU untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap hunian yang layak dan terjangkau serta didukung oleh prasarana dan sarana dasar permukiman yang memadai.

Hal tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kualitas PSU berupa jalan lingkungan perumahan bersubsidi untuk masyarakat, sehingga lebih nyaman untuk dihuni agar tidak kalah dengan rumah komersil lainnya, kata Fitrah Nur.

Untuk mendukung pembangunan PSU di kawasan penyangga IKN Nusantara, Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan langsung bergerak cepat dalam pelaksanaan pembangunan prasarana sarana dan utilitas (PSU) pada tahun 2023 ini.

Hal tersebut dilaksanakan dengan proses penandatanganan kontrak bantuan PSU tahap pertama untuk 15 perumahan bersubsidi di Kalimantan Selatan.

Penandatangan kontrak pembangunan PSU tersebut merupakan yang pertama dan tercepat, sehingga diharapkan pekerjaan fisik di lapangan juga cepat terlaksana dan selesai tepat waktu.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II telah melaksanakan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Bantuan PSU Perumahan MBR Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2023.

Sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Perumahan Tahap I, jumlah bantuan PSU yang akan dialokasikan di Provinsi Kalimantan Selatan 980 unit yang tersebar di tujuh Kabupaten/Kota.

Penandatanganan Kontrak Kegiatan Pembangunan PSU Perumahan MBR di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan antara Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan Rumah Umum Komersil (RUK) Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyono, dan 15 pengembang developer perumahan bersubsidi di Provinsi Kalimantan Selatan.
Baca juga: Kementerian PUPR sebut bantuan PSU bantu Program Sejuta Rumah

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023