Jakarta (ANTARA) - Dejan Lovren mengumumkan bahwa dia pensiun dari tim nasional Kroasia dan kancah sepak bola internasional pada Jumat.

Turnamen terakhir eks bek Liverpool tersebut bersama timnas Kroasia adalah Piala Dunia 2022 saat membawa negaranya finis posisi ketiga setelah mengalahkan Maroko. Bahkan di Piala Dunia 2018, dia berperan dalam mengantarkan timnya ke partai final meski kalah dari Prancis.

"Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir saya kepada tim nasional Kroasia," kata Lovren dalam sebuah pesan yang diterbitkan oleh Federasi Sepak Bola Kroasia yang dikutip AFP.

Lovren mengatakan keputusannya ini diambil "dengan hati terbuka dan setelah banyak pertimbangan."

Baca juga: Sergio Ramos umumkan pensiun dari tim nasional Spanyol

Bek berusia 33 tahun tersebut memutuskan pensiun setelah 14 tahun membela negaranya dan tampil 78 kali serta menyumbangkan lima gol.

"Sejak kecil, saya bermimpi bermain di turnamen besar dan mengenakan seragam merah-putih. Saya mengenakan jersey Kroasia untuk pertama kalinya ketika saya berusia sembilan tahun dan saya tidak akan pernah melupakan perasaan spesial itu - - seperti memakai jubah Superman," kata Lovren.

Pelatih tim nasional Kroasia Zlatko Dalic memuji Lovren dan menyebutnya sebagai "salah satu pemimpin di ruang ganti" yang mampu "memotivasi seluruh tim."

Dalic juga mengatakan bahwa Lovren adalah seorang "pejuang sejati" dan "pemain yang ingin Anda miliki di setiap pertandingan."

Lovren memulai kariernya di klub Kroasia Dinamo Zagreb sebelum pindah ke klub Prancis Lyon dan kemudian membela Southampton sebelum bergabung ke Liverpool, di mana dia memenangi gelar di Liga Premier Inggris dan Liga Champions.

Lovren kemudian menghabiskan tiga musim bermain di klub Rusia Zenit St-Petersburg sebelum kembali ke Lyon pada Januari 2023.

Baca juga: Dilibas Real Madrid 2-5, Virgil van Dijk: pemain Liverpool bukan robot

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023