Jakarta (ANTARA) - Ragam topik terpopuler mewarnai pemberitaan rubrik humaniora dan warta bumi Antaranews.com sepanjang Kamis (23/2/2023).

Tulisan tentang komitmen pusat untuk pelindungan orang utan dan bekantan di Pulau Kalimantan yang kini menjadi lokasi proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi berita terpopuler.

Selain itu, kajian bencana terkait keberadaan gunung bawah laut yang ditemukan di perairan selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, juga menarik banyak perhatian pembaca.

Berikut ulasan berita-berita terpopuler selengkapnya:

1.IKN lindungi orang utan dan bekantan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus tetap mengindahkan aspek lingkungan, termasuk memproteksi fauna, seperti orang utan dan bekantan yang ada di Pulau Kalimantan.

Selain proteksi fauna, Presiden mengaku telah meminta jajaran terkait untuk melakukan proses penghutanan bagi kawasan di sekitar Bendungan Sepaku yang bisa dikelola menjadi wisata alam.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Jokowi tekankan pembangunan IKN tetap proteksi orang utan dan bekantan

2.Gunung bawah laut di Pacitan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur masih menunggu kajian dari Badan Informasi Geospasial serta Badan Riset dan Inovasi Nasional mengenai potensi ancaman keberadaan gunung bawah laut yang ditemukan di perairan selatan Kabupaten Pacitan.

Gunung bawah laut setinggi 2.300 meter yang ada pada kedalaman tiga sampai empat kilometer di bawah permukaan laut tersebut berjarak sekitar 200 kilometer barat daya Kabupaten Pacitan.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: BPBD Jatim tunggu kajian potensi gunung bawah laut di selatan Pacitan

3.Pemakaman korban gempa Turki di Lombok

Ribuan pelayat mengantar jenazah Irma Lestari, pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjadi korban gempa bumi di Turki ke pemakaman di kampung halamannya di Dusun Parampuanl Barat, Desa Parampuan, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

"Kami atas nama pemerintah mengucapkan berbela sungkawa dan duka cita mendalam atas meninggalnya almarhumah," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Yuda Nugraha.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Ribuan pelayat antar korban gempa Turki ke pemakaman di Lombok

4.Indonesia bawa Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak ke New York

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyatakan delegasi Indonesia akan menyampaikan program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) dalam Sidang Tahunan Komisi Status Perempuan (CSW) ke-67 di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, pada 6-17 Maret 2023.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Indonesia angkat Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dalam CSW ke-67

5. Aksi penyelamatan nelayan di perairan Sangeang

Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan berhasil menyelamatkan tujuh nelayan yang dilaporkan mengalami kerusakan perahu bagan di perairan Sangeang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Kantor SAR Mataram mengerahkan tim Rescue Pos SAR Bima menuju lokasi menggunakan RIB untuk melakukan upaya pencarian dan pertolongan.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Tim SAR selamatkan tujuh nelayan di perairan Sangeang Bima

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023