Banjarbaru (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan penambahan kekuatan sebanyak 30 personel Brimob dari Brigadir remaja yang baru saja menyelesaikan pendidikan tahun ini.

"30 personel baru ini terdiri dari 27 lulusan SPN Polda Kalsel dan tiga lulusan Pusat Pendidikan Brimob Watukosek Pasuruan," kata Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ronny Suseno di Banjarbaru, Jumat.

Tradisi penyambutan Brigadir remaja itupun telah digelar Satuan Brimob Polda Kalsel dipimpin Wadansat Brimob Polda Kalsel AKBP Alfred Ramses Sianipar melalui serangkaian kegiatan.

Usai penjemputan di Mako Polda Kalsel di Banjarmasin, 30 personel baru itu kemudian diminta berjalan kaki lebih kurang delapan kilometer dari Monumen Dirgantara di Landasan Ulin menuju Mako Brimob di Guntung Payung, Banjarbaru.

"Hal ini bertujuan melatih kekuatan fisik dan mental personel sekaligus menandai dharma bakti untuk negara bersama Brimob," ujar Ronny.
 
Para Brigadir remaja sujud syukur di depan Mako Satuan Brimob Polda Kalsel. (ANTARA/Firman)


Dia mengatakan tambahan personel baru sangatlah berguna untuk tugas-tugas Brimob ke depan yang penuh tantangan dan dinamika sesuai kebutuhan negara.

Apalagi memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024, maka personel Brimob juga disiapkan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi ketika ada potensi kerawanan ataupun terjadi gangguan keamanan.

Diketahui saat ini jumlah personel di Satuan Brimob Polda Kalsel lengkap karena tidak ada yang sedang melaksanakan tugas operasi di luar wilayah.

Terakhir sebanyak 102 personel Satuan Brimob Polda Kalsel bergabung dalam Satgas Ops Amole 1 tahun 2022 telah mengakhiri tugas pengamanan area PT Freeport Indonesia di Papua selama enam bulan dan kembali pada 30 September 2022 lalu dalam kondisi lengkap.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023