Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Juara bertahan Jakarta LavAni Allo Bank tampil dominan saat menghajar Surabaya BIN Samator dengan skor telak 3-0 (25-20, 25-22, 25-16) pada pertandingan seri pertama final four PLN Mobile Proliga 2023 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Jumat malam.

Hasil ini menjadi kemenangan ketiga LavAni atas Samator pada Proliga musim ini setelah dua kemenangan mereka bukukan pada babak reguler. Namun, pada dua laga itu LavAni menang dengan skor 3-1.

"Sudah kita prediksi bahwa kita harus kuat diservis dan strategi itu berhasil membuat lawan tertekan," kata Asisten Pelatih Jakarta LavAni Allo Bank Samsul Jais seusai pertandingan.

Kendati tidak diperkuat Jorge Gonzales Garcia yang sedang flu berat, LavAni tetap tampil garang dan mendikte permainan Samator lewat serangan dari servis dan smes keras Fahri Septian, Boy Arnes, Leandro Martin, Hendra Kurniawan, dan Malizi.

Samator yang lebih banyak tertekan kesulitan mengembangkan strategi permainan. Rival Nurmulki dan kawan-kawan lebih banyak menyerang dengan bola-bola terbuka yang beberapa kali terhadang blok lawan.

Baca juga: Jakarta LaVani juara putaran kedua PLN Mobile Proliga 2023

Permainan Samator semakin tidak berkembang pada set ketiga setelah mereka tertinggal dua set. LavAni terus merajalela menekan dan unggul jauh dalam pengumpulan angka.

"Lawan kita sebenarnya bukan Samator, tapi Bhayangkara Presisi di laga berikutnya hari Minggu (26/2)," tambah Samsul Jais.

Kapten Tim Jakarta LavAni Allo Bank Dio Zulkifli menambahkan kemenangan ini menjadi modal berharga bagi timnya untuk menatap laga-laga selanjutnya.

"Yang jelas, hasil ini patut kami syukuri dan semoga kami bisa terus bermain bagus hingga grand final," ujar tosser tim nasional itu.

Sementara itu, Pelatih Surabaya BIN Samator Ryan Masajedi mengakui kualitas lawan yang dihadapi memang lebih baik, tetapi laga ini juga menjadi pengalaman berharga untuk anak asuhnya.

Baca juga: Samator berharap keajaiban kedua pada final four Proliga

"Semoga laga berikutnya kami bisa bermain lebih baik," ujarnya.

Sedangkan Rivan Nurmulki menambahkan seluruh pemain sudah berusaha memberikan penampilan maksimal, tetapi memang permainan LavAni jauh lebih baik.

"Kami bisa lolos final four saja sudah bersyukur, apalagi banyak pemain kami yang masih junior. Seperti Agil Angga, baru musim ini tampil penuh, sebelumnya cuma cadangan," kata kapten Surabaya BIN Samator itu.

Baca juga: Proliga mulai sejarah baru gunakan "video challenge"
Baca juga: Jadwal lengkap final four Proliga 2023


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023