Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan sebanyak 216 rumah dan tiga fasilitas umum terendam banjir dengan ketinggian 30 cm hingga 100 cm di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Jumat (24/2) sore hingga malam.

"Hasil asessment petugas di lapangan tercatat 216 rumah, tiga fasilitas umum, dan satu warung terdampak banjir dengan total warga sebanyak 215 kepala keluarga (KK), 15 di antaranya balita," katanya di Kabupaten Jember, Sabtu.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jember pada Jumat (24/2) siang menyebabkan Sungai Dinoyo dan Kalijompo mengalami kenaikan debit air, serta air berwarna coklat dan berlumpur.

"Luapan air dari sungai mulai masuk ke permukiman warga dengan ketinggian air sekitar 30 cm hingga 1 meter, sehingga sebagian warga harus dievakuasi," tuturnya.

Baca juga: BPBD: Tiga kecamatan di Jember terdampak banjir

Baca juga: Jalur utama Jember - Bondowoso macet total akibat banjir


Ia menjelaskan banjir menerjang beberapa desa di tiga kecamatan yakni Kecamatan Kaliwates, Patrang, dan Rambipuji, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir tersebut.

"Rumah warga yang terdampak banjir terbanyak berada di Kecamatan Rambipuji, sehingga Tim Reaksi Cepat (TRC) dan relawan segera melakukan penanganan bencana itu," katanya.

Tidak hanya banjir, lanjut dia, Kabupaten Jember juga diterjang angin kencang dan tanah longsor pada waktu yang sama yakni bencana angin kencang terjadi di Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang yang menyebabkan atap rumah warga ambruk.

"Sedangkan tanah longsor menerjang Desa Klungkung dan Karangpring di Kecamatan Sukorambi yang menyebabkan sejumlah rumah warga rusak terkena material longsor," ujarnya.

Ia menjelaskan petugas sudah mendistribusikan bantuan logistik ke lokasi terdampak dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk giat penanganan wilayah terdampak bencana.

Heru mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiagaannya terhadap cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Baca juga: Banjir menggenangi 234 rumah warga di tiga kecamatan di Jember

Baca juga: Ratusan rumah warga di dua kecamatan di Jember terendam banjir


Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023