Singapura (ANTARA) - China menyetujui pembangunan kapasitas pembangkit listrik tenaga batu bara 106 gigawatt lainnya tahun lalu, empat kali lebih tinggi dari tahun sebelumnya dan tertinggi sejak 2015, didorong oleh pertimbangan keamanan energi, sebuah penelitian menunjukkan pada Senin.

Sepanjang tahun, kapasitas tenaga batu bara 50 GW mulai dibangun di seluruh negeri, naik lebih dari setengah dibandingkan tahun sebelumnya, kata Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih (CREA) dan Monitor Energi Global (GEM).

"Kecepatan kemajuan proyek melalui perizinan untuk konstruksi pada tahun 2022 sangat luar biasa, dengan banyak proyek bermunculan, mendapatkan izin, memperoleh pembiayaan, dan mulai bekerja tampaknya dalam hitungan bulan," kata analis GEM Flora Champenois.

Jumlah kapasitas baru yang terhubung ke jaringan listrik telah melambat dalam beberapa tahun terakhir setelah penurunan persetujuan baru selama periode 2017-2020, tetapi diperkirakan akan pulih selama beberapa tahun ke depan, didorong oleh kekhawatiran tentang kekurangan daya.

Banyak dari proyek yang baru disetujui diidentifikasi sebagai kapasitas beban dasar "pendukung" yang dirancang untuk memastikan stabilitas jaringan listrik dan meminimalkan risiko pemadaman, kata laporan CREA-GEM.

Namun, banyak yang sedang dibangun di daerah yang sudah memiliki kelebihan kapasitas, dan masalah pasokan listrik akan lebih baik diatasi dengan meningkatkan keandalan dan efisiensi jaringan, kata penulis.

China mengalami gelombang pemadaman listrik pada September 2021 sebagai akibat kekurangan pasokan batu bara, memutus ribuan rumah dan pabrik. Kemarau panjang tahun lalu juga menyebabkan penurunan dramatis dalam pembangkit listrik tenaga air dan penjatahan listrik.

Beijing telah berusaha meremajakan ekonominya setelah pertumbuhan dan lapangan kerja terpukul parah oleh langkah-langkah ketat "nol COVID" tahun lalu, meningkatkan kekhawatiran bahwa upaya rendah karbonnya akan dikesampingkan.

Namun, penambahan kapasitas daya terbarukan tetap pada tingkat rekor, dengan instalasi tenaga surya sebesar 87 GW pada tahun 2022 dan diperkirakan akan meningkat lebih lanjut pada tahun 2023.

Negara ini bertujuan untuk membawa emisi karbon dioksida yang menghangatkan iklim ke puncaknya pada tahun 2030, tetapi masih belum jelas tingkat apa yang akan dicapai.


Baca juga: PLTU batu bara di bawah CPEC resmi beroperasi di Pakistan
Baca juga: PLN tekan emisi, gas berperan kunci di era transisi energi
Baca juga: Negara kaya akan setop pembangkit batu bara, China bangun proyek baru

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023