Jakarta (ANTARA) - Orthodontic Clear aligners kini menjadi alternatif untuk merapikan gigi alih-alih kawat gigi konvensional.

Clear Aligners disebut sebagai pilihan yang paling disukai orang dewasa yang sibuk, anak-anak, dan keluarga. Terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan dan selalu berpindah. Pasien yang menggunakan Clear Aligners tidak perlu lagi repot-repot datang ke dokter untuk penyesuaian kawat gigi.

"Terlepas dari teknologi baru, estetika, kualitas, kenyamanan, kebutuhan gaya hidup dan kecepatan perawatan, Clear Aligners juga memudahkan dalam merawat kebersihan gigi dan mulut," kata drg Ivan Liwu, OneSmile Aligners Dentist dalam keterangannya pada Selasa.

Berbeda dengan kawat gigi yang sering kali terkena sisa makanan yang menempel di kawat, kata drg Ivan, Clear Aligners dapat dengan mudah dilepas ketika makan.

"Pasien bisa menyimpannya di dalam Aligners Case yang telah disediakan oleh OneSmile dan melakukan flossing dan menyikat gigi Anda dengan mudah."

Tidak ada lagi tumpukan plak dan bakteri di sela-sela gigi yang menjadi perhatian terutama bagi pekerja kelas menengah ke atas yang biasanya mengutamakan kesehatan dan kebersihan.

Clear Aligners bisa dipakai mulai dari anak-anak umur 10 tahu hingga orang dewasa berumur 70 tahun ke atas. Drg Ivan menyebutkan sejumlah kelebihan Clear Aligners dibanding kawat gigi di antarany karena Orthodontic Clear Aligner tiga kali lebih cepat dibandingkan kawat gigi.

Baca juga: Dokter: Orang tua berpengaruh dalam memelihara kesehatan gigi anak

Waktu perawatan kawat gigi memakan waktu rata-rata 12 hingga 24 bulan. "Dengan Aligners hanya membutuhkan waktu dua hingga 6 bulan."

Clear Aligners, seperti OneSmile Aligners, dapat merapikan gigi lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan kawat gigi konvensional. Hal ini terjadi karena teknologi yang digunakan, mulai dari pengambilan cetakan gigi dengan menggunakan 3D intraoral scanner dibandingkan dengan pengambilan cetakan tradisional menggunakan cetakan PVS.

Perencanaan perawatan Ortodontis kemudian mensegmentasi setiap gigi dan menciptakan pergerakan gigi yang akurat dari titik a ke b satu per satu untuk mencapai posisi yang direncanakan dibandingkan dengan kawat gigi yang hanya dengan kasat mata dilihat oleh praktisi dengan menggunakan pinset.

Dokter Ortodontik spesialis kemudian dapat menyesuaikan perawatan pasien dengan pergerakan gigi sebesar 0.25 mm per aligner. Perawatan Clear Aligners memungkinkan pergerakan gigi lebih cepat, lebih akurat dan lebih terprediksi.

Clear Aligners dibuat berbeda. Salah satu faktor utama dalam mendapatkan hasil yang akurat dan efisien dengan tiga kali lebih cepat dibandingkan kawat gigi adalah rencana perawatan dilakukan oleh Ortodontis spesialis terbaik.

Selain itu, pasien tidak perlu mengganti pola diet ketika menggunakan Aligners.

Walaupun kami mempromosikan semua pasien untuk makan makanan diet seimbang dan gula minimal, Anda masih bisa makan makanan lainnya seperti buah-buahan, biskuit dan berbagai permen ketika melakukan perawatan Clear Aligners selama Anda melepasnya ketika makan dan minum, katanya.

Manfaat yang paling disukai adalah menggunakan Aligners tidak akan terlihat.

Baca juga: Tak selalu mahal, biaya pengobatan gigi bisa didiskusikan

Pemakaian kawat gigi logam ataupun keramik membuat orang tidak percaya diri. Banyak orang yang mungkin merasa tidak nyaman terlihat menggunakan kawat gigi, terutama ketika sedang berbicara atau tersenyum. Clear Aligners yang terbuat dari bahan plastik membuatnya tidak terlihat sehingga menjadikannya lebih estetik.

Sekali lagi, tidak semua Aligners dibuat sama. OneSmile menggunakan bahan Polyurethane biokompatibel tercanggih yang bebas BPA dan Lateks yang bisa Anda temukan di bahan canggih Invisalign. Di OneSmile, kami hanya menggunakan bahan terbaik tidak seperti yang lainnya.

Menggunakan Aligners juga diklaim sangat nyaman digunakan dibandingkan kawat gigi. Drg Ivan mengatakan beberapa pasien mengeluh menggunakan kawat gigi logam bisa membuat iritasi bagian mulut hingga membuatnya berdarah atau infeksi.

"Walaupun penggunaan Clear Aligners memerlukan waktu pakai 22 jam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal, Clear Aligners sangat mudah untuk dilepas saat Anda makan ataupun membersihkan gigi. Anda juga masih bisa berolah raga dan bermain musik sambil merapikan gigi tanpa harus khawatir kawat gigi lepas. OneSmile adalah tentang kenyamanan dan gaya hidup."

Terakhir, tidak perlu lagi kunjungan klinis Orthodonti untuk pengencangan kawat.

Baca juga: Dokter tak lagi sarankan mencabut gigi namun mempertahankan gigi

Baca juga: Dokter: Perawatan saluran akar gigi harus tuntas untuk atasi infeksi

Baca juga: Dokter gigi: Berlubang dan nyeri tanda perlu perawatan akar



 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023