Kalau membangun bangunan yang mirip Ka'bah tapi bukan Ka'bah, hanya arsitekturnya saja kubus, menurut saya bukan sesuatu yang jadi masalah
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai rencana Arab Saudi membangun gedung bernama The Mukaab yang bentuknya kubus menyerupai Ka'bah tidak menjadi masalah, selama tujuannya tidak untuk dijadikan seperti Ka'bah.

"Kalau membangun bangunan yang mirip Ka'bah tapi bukan Ka'bah, hanya arsitekturnya saja kubus, menurut saya bukan sesuatu yang jadi masalah gitu. Kecuali membikin Ka'bah, membikin lagi di tempat lain dengan tujuan untuk orang datang ke situ, nah itu baru masalah itu," ujar Wapres.

Menurut Wapres, Arab Saudi tidak berniat membangun Ka'bah lain. Hanya saja memang bangunannya berbentuk kubus yang terinspirasi dari bentuk Ka'bah.

"Bangunan itu soal arsitek saja kan, saya kira macam-macam lah, mungkin dia terinspirasi oleh Ka'bah dia bikinnya kubus tapi tidak membangun Ka'bah," ujarnya.

"Saya kira kalau menurut saya bukan masalah itu kan, karena dia tidak membangun Ka'bah, kecuali ada membangun Ka'bah yang lain itu baru (masalah)," kata dia.

Sebagaimana ramai diperbincangkan, Arab Saudi berencana membangun sebuah proyek yang dinamakan The Mukaab di Riyadh, Arab Saudi.

Proyek itu berupa bangunan besar dengan bentuk kubus yang disebut-sebut menyerupai Ka'bah. Proyek itu menuai berbagai pandangan dari umat Muslim dunia.
Baca juga: Wapres: Masjid Raya Sheikh Zayed jadi cerminan Islam moderat
Baca juga: Wapres: Isra Mikraj momentum teladani sikap moderat Rasulullah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023