......dapat menggairahkan sektor pariwisata dan aktivitas ekspor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Manado (ANTARA) - Penerbangan Manado-Narita, Jepang dipastikan dapat menggairahkan sektor pariwisata dan aktivitas ekspor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

GM Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Minggus Gandeguai, di Manado, Kamis, mengatakan dengan mendarat pesawat Airbus 330-300, yang sebelumnya hanya memuat kargo dengan muatan hasil laut berupa tuna yang merupakan produk andalan Sulut.

"Namun kali ini memuat juga penumpang dengan rute dari Denpasar ke Manado dan dilanjutkan penerbangan dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke Narita, Tokyo, Jepang," katanya pula.

Hal ini, katanya lagi, menunjukkan komitmen Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado dalam mendukung program Pemprov Sulut dalam upaya perluasan layanan penumpang dan pengangkutan komoditas ekspor Sulut melalui penyediaan dan peningkatan layanan distribusi logistik komoditas ekspor unggulan serta menggairahkan sektor pariwisata.

Ia menjelaskan, Kamis, pukul 01.10 WITA, dengan nomor penerbangan GA 884 dengan tipe Airbus 330-300 milik maskapai Garuda Indonesia mendarat perdana di Bandara Sam Ratulangi Manado dan water salute menyambut kedatangan perdana pesawat berbadan lebar ini.

Dengan dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, para pejabat forkopimda serta para stakeholder lainnya yang sekaligus jadi penumpang di penerbangan perdana tersebut.

Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 884 ini dengan rute DPS-MDC MDC-NRT (Narita Japan) memuat kargo 2.200 kg dengan jumlah penumpang 117 dari Manado, dan rencananya pesawat tersebut akan beroperasi 3 kali dalam sebulan dengan rute Denpasar-Manado, dan dilanjutkan dengan Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Bandara Narita, Tokyo, Jepang.

Rombongan gubernur beserta jajaran pejabat datang di lokasi acara dan disambut dengan tari-tarian adat dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Olly Dondokambey.

“Saya berterima kasih keterlibatan semua stakeholder yang ada di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dukungan dari forkopimda dan seluruh masyarakat sehingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik, tentunya juga kepada importir tuna yang sebelumnya sudah berhenti tiga bulan lebih dan hari ini bergairah kembali,” kata Olly Dondokambey.
Baca juga: Bandara Samrat siap melayani penerbangan Manado-Narita
Baca juga: Kemenhub dukung pembukaan rute penerbangan Manado-Tokyo Narita


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023