Jakarta (ANTARA) - Mantan pemain timnas Firman Utina (FU) terus mencurahkan perhatiannya pada sepak bola Indonesia dan setelah mendirikan akademi, ia menggelar kejuaraan khusus kelompok umur 15 tahun dengan tajuk FU15 Gemilang Tournament 2023.

Turnamen tersebut digelar di Stadium Gemilang FU15 Pasar Kemis Tangerang pada 3-5 Maret dan menjadi penyelenggaraan ketiga FU15 Gemilang Tournament. Jika pada dua event sebelumnya turnamen digelar di lapangan konvensional, maka pada tahun ini di lapangan berumput sintetis.

"Kami memiliki alasan tersendiri kenapa kali ini memakai lapangan sintetis. Kita tahu, sekarang ini sedang musim hujan. Kami tidak mau pertandingan banyak terhenti. Selain itu, kalau bermain di lapangan sintetis, kualitas para pemain juga bisa semakin terlihat," kata Firman dalam keterangan resminya, Sabtu.

Turnamen diikuti 20 tim dari 19 daerah di Indonesia. Peserta terjauh berasal dari Kalimantan Timur yakni Samaras FC Samarinda. Untuk tim lainnya, Bina Sentra, Blispi Sentra Cirebon, ASTI Kudus, Walet Emas Tangerang, Satria Muda Tangerang, Safin Pati Football Academy, Akademi Persib Cimahi, dan GMC Lampung.

Kemudian, Saint Prima Bandung, Serpong City Soccer School, Bojong Gede Raya, Kancil Mas Karawang, KSM Panongan Tangerang, Kodim 21 FA Cibinong, Uni Bandung, Tangsel Pro United, dan APC. Sementara itu, dua slot terakhir diisi FU15 Football Academy yang mengirimkan dua tim.

Pada fase penyisihan, tim dibagi ke dalam lima grup. Tiap-tiap grup berisi empat tim. Juara grup akan lolos ke babak delapan besar. Lalu, tiga kuota sisa di babak delapan besar diisi oleh tiga tim runner up terbaik.

Terkait hadiah, juara FU15 Gemilang Tournament akan mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta. Hadiah tersebut bisa diberikan dalam bentuk uang maupun dikonversi menjadi peralatan. Semua tergantung kebutuhan peserta.

"Wadah untuk anak-anak usia 15 tahun sangat sedikit. Bahkan, Piala Soeratin pun belum diputar. Karena itu, kami membuat wadah ini untuk memfasilitasi anak-anak kelahiran 2008 supaya memiliki pertandingan dan menit bermain yang bagus," kata mantan gelandang Persija Jakarta, Persita Tangerang, dan Sriwijaya FC ini.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023