Kegiatan ini merupakan wujud perhatian Polri bagi warga yang mengalami trauma saat musibah terjadi
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya bersama Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polres Metro Jakarta Utara memberikan pelayanan pemulihan trauma (trauma healing) dengan mengerahkan tim  kepada warga yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut pengerahan tim ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada warga terdampak.
 
"Kegiatan ini merupakan wujud perhatian Polri bagi warga yang mengalami trauma saat musibah terjadi," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.
 
Trunoyudo mengungkap tim trauma healing ini sudah disebar ke seluruh posko-posko pengungsian.
 
"Semua warga yang berada di posko-posko pengungsian menjadi sasaran tim trauma healing Polres Metro Jakarta Utara," tambahnya.
 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Djuaeni menambahkan terdapat sepuluh lokasi pengungsian sementara yang telah disiapkan untuk menampung pengungsi.
 
Ia mendata ada sekitar 1.369 jiwa pengungsi yakni dewasa, anak-anak dan balita.
 
Lokasi pengungsian yang disediakan yaitu Kantor PMI Jakarta Utara, Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara, Masjid Assholihin Walang, RPTRA Rasela, Masjid Al Quroma RW 03 Rawa Badak Selatan.
 
Kemudian, Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan, Masjid Al Muhajirin RW 07, SD IT Gema Insan Mandiri, Gedung Golkar, dan Kantor Sudin Ketenagakerjaan dan Energi Jakarta Utara.
 
Berdasarkan data yang dihimpun hingga Sabtu pukul 09.00 WIB, tercatat 49 jiwa yang sedang dalam penanganan tim medis di lima rumah sakit, yakni RS Pelabuhan sebanyak lima orang, RS Tugu Koja (10), RS Mulyasari (15), RS Koja (13), serta RS Firdaus (6).
 
Sementara itu, berdasarkan data BPBD DKI menyebutkan korban meninggal sebanyak 17 jiwa, yang terdiri dari 15 dewasa dan 2 anak-anak.
Baca juga: DVI pakai tiga metode identifikasi jenazah kebakaran Depo Plumpang
Baca juga: Polisi siagakan 400 personel amankan lokasi kebakaran Plumpang
Baca juga: Wapres serahkan bantuan untuk korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023