Oleh karena itu alumni Poltekpar Makassar tidak ada celah untuk tidak diterima bekerja di seluruh negara ASEAN
Makassar (ANTARA) - Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Muhammad Arifin melansir 85 persen dari 2.018 orang total alumni Poltekpar erserap di bursa kerja.

"Dengan tiga prosip yakni gerak cepat, gerak bersama dan gaspol Poltekpar Makassar menyiapkan SDM yang unggul," kata Arifin di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/3)

Dia mengatakan Poltekpar adalah suatu lembaga yang sudah memenuhi syarat kriteria untuk menyatakan seseorang berkompeten atau tidak berkompeten.

Menurut dia, Poltek Makassar sudah memiliki lembaga sertifikasi profesi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 masih berlaku dan PP Nomor 52 Tahun 2012 menyebutkan bahwa sumber daya manusia pariwisata wajib bersertifikasi melalui uji kompetensi.

"Oleh karena itu alumni Poltekpar Makassar tidak ada celah untuk tidak diterima bekerja di seluruh negara ASEAN, karena menggunakan unit kompetensi yang sama di 10 negara ASEAN," jelas Arifin.

Hal tersebut, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri yang perlu menyadarkan pada masyarakat tentang pemahaman pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

Pasalnya, masih banyak masyarakat belum bisa membedakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi, sehingga anaknya yang penting kuliah.

Padahal seyogyanya masyarakat sudah sadar dan yakin pentingnya pendidikan vokasi ini, karena 70 persen praktik dan 30 persen teori, sehingga dipersiapkan untuk mengisi bursa lapangan kerja.

"Selain itu, sesuai dengan target Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahwa 70 persen lulusan akan membuka lapangan kerja baru dan 30 persen wirausaha," ujarnya.

Adapun alumni Poltekpar yakni 2.018 orang secara keseluruhan sampai saat ini sudah 85 persen terserap di dunia kerja yang terbagi dalam beberapa bidang.

Bidang hospitality atau keramahtamahan sangat banyak yang diminati oleh industri, dan sisanya itu di sektor pemerintahan.
Baca juga: Menparekraf buka Seleksi Bersama Masuk Politeknik Pariwisata
Baca juga: Sandiaga dorong Poltekpar Makassar lahirkan pengusaha

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023