Jakarta (ANTARA) - PT TBS Energi Utama Tbk (kode saham: TOBA) telah mencatatkan Obligasi I TBS Energi Utama Tahun 2023 senilai Rp500 miliar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sebagaimana keterangan di Jakarta, Senin.

Direktur TOBA Juli Oktarina menyampaikan obligasi ini terdiri dari dua seri yaitu Obligasi Seri A dengan nilai nominal sebesar Rp425 miliar dengan tingkat bunga 8,80 persen dan jangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Sedangkan, Obligasi Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp75 miliar dengan tingkat bunga 10,00 persen dan jangka waktu lima tahun sejak tanggal emisi.

Dia menjelaskan transaksi penerbitan obligasi ini menarik minat besar dari investor, yang mana penerbitan ini merupakan salah satu dari beberapa opsi pembiayaan perseroan untuk semakin memantapkan posisi keuangan ke depan.

“Penerbitan obligasi merupakan langkah awal dalam mengakses pembiayaan melalui instrumen pasar modal. Dalam tiga hingga ima tahun mendatang, diharapkan hal ini akan memberikan lebih banyak fleksibilitas arus kas dan mendukung transformasi TBS menjadi bisnis yang berkelanjutan,” ujar Juli.

Lanjut dia, penerbitan obligasi ini mendapatkan tanggapan positif dari pasar, baik pasar institusi maupun perorangan.

“Sekitar hampir dua persen obligasi dibeli oleh investor individu. Tentunya hal ini merupakan hal yang positif karena berinvestasi di obligasi korporasi dilakukan dengan visi investasi jangka panjang,” ujar Juli.

Obligasi ini mendapat peringkat idA/Stable (Single A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan PT Bank Mega Tbk bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini, dan PT Mandiri Sekuritas dan PT Sucor Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi Obligasi.

Adapun, bunga obligasi akan dibayarkan setiap tiga bulan sekali, terhitung sejak tanggal emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi.

Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 3 Juni 2023, sedangkan pembayaran bunga obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing seri obligasi adalah pada 3 Maret 2026 untuk obligasi seri A dan pada 3 Maret 2028 untuk Obligasi Seri B.

Sementara, SVP of Corporate Strategy & Investor Relations TOBA Nafi Achmad Sentausa menyampaikan penerbitan obligasi ini bisa membantu perusahaan untuk mendanai proyek-proyek perseroan ke depan sejalan dengan transformasi menuju bisnis hijau.

“Pendapatan dan arus kas yang kami peroleh akan digunakan untuk pengembangan bisnis hijau di Indonesia yang meliputi transformasi pasar kendaraan roda dua dengan nilai pasar hingga 9 miliar dolar AS, dan juga memposisikan perseroan dalam pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia yang potensinya hingga 2030 mencapai 20GW,” ungkap Nafi.

Baca juga: TBS Energi Utama tawarkan obligasi senilai Rp500 miliar
Baca juga: Mitra Pack resmi melantai di BEI, raih dana Rp96 miliar
Baca juga: BDKR resmi melantai di bursa, saham dibuka naik 29 persen

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023