Kalau kita lihat pemda yang juara bisa menurunkan stunting, punya kepemimpinan bagus, dan kredibilitas bagus, mestinya bisa dibantu secara maksimal
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI dapat memberikan dukungan pembangunan bagi pemerintah daerah (pemda).

"Kalau kita lihat pemda yang juara bisa menurunkan stunting, punya kepemimpinan bagus, dan kredibilitas bagus, mestinya bisa dibantu secara maksimal,” ungkap Sri Mulyani dalam Acara Syukuran Hari Ulang Tahun ke-14 PT SMI, seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, ia meminta PT SMI bisa membuat profil risiko masing-masing pemda lantaran kemampuan pemda untuk menyampaikan tujuan pembangunan harus dikembangkan dengan sungguh-sungguh.

Adapun sejauh ini PT SMI sudah mulai mengembangkan profil risiko atau risk profiling dari pemda, yang merupakan langkah baik untuk bisa dilihat dan didukung lebih agresif dan progresif.

Peran PT SMI dalam pembangunan di daerah diharapkan dapat menurunkan tingkat kesenjangan antar daerah. Jika masih ada daerah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) maka artinya pemerintah belum menutup kesenjangan atau gap yang ada.

Sri Mulyani merasa bahwa ketidaksamaan antar-daerah harus diturunkan, sehingga dalam satu dekade ke depan tidak boleh ada lagi daerah 3T.

Maka dari itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus memberikan dukungan bagi PT SMI untuk berinovasi mendukung pembangunan di daerah.

Hal ini terutama bagi pembangunan yang ada berkaitan dengan sumber daya manusia untuk keluar dari jebakan kelas menengah alias middle income trap, yakni pembangunan dari sisi pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial.

“Coba PT SMI pikirkan dan mulai pilih dengan entah proyek atau program di daerah-daerah yang betul-betul menghasilkan suatu hasil yang kemudian bisa ditingkatkan caranya," kata Sri Mulyani.

Baca juga: PT SMI sediakan skema pembiayaan dan investasi dukung transisi energi

Baca juga: PLN dan SMI susun rencana investasi percepat transisi batu bara ke EBT

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023