Penelitian tersebut mengusulkan sebuah terapi baru yang hemat biaya dan efisien untuk mengobati kanker.
Lanzhou (ANTARA) - Tim peneliti China dari Rumah Sakit Kedua Universitas Lanzhou dan Universitas Hangkong Nanchang melakukan penelitian eksplorasi strategi pengobatan kanker dengan material fungsional fluoresen.

Penelitian tersebut mengusulkan sebuah terapi baru yang hemat biaya dan efisien untuk mengobati kanker.

Peneliti dari Rumah Sakit Kedua Universitas Lanzhou Liu Tao menjelaskan pesatnya perkembangan teknologi optik canggih, seperti diagnosis dan perawatan kanker, sensor fluoresen, dan pencitraan biologi (bio-imaging), membutuhkan material fluoresen yang sangat efisien dalam jumlah besar.

Tim penelitian tersebut merancang dan menyintesis serangkaian luminogen emisi hasil agregasi berbasis cyanostyrene (AIEgens) dengan menggabungkan berbagai donor elektronik dan kelompok peredam fluoresen.

Para peneliti tersebut juga mendemonstrasikan kinerja yang sangat baik dari AIEgens dalam pengindraan fluoresens, pencitraan organel, dan terapi fotodinamik.

Liu menjelaskan penelitian tersebut menyajikan pendekatan baru untuk mengembangkan material fluoresen yang lebih sensitif, stabil, dan dapat disesuaikan. Penelitian itu juga akan berkontribusi terhadap pencitraan tertarget organel dan terapi fotodinamik sel kanker.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam Chemical Engineering Journal.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023