"Giat ini adalah bentuk pencegahan, supaya tidak terjadi hal buruk yang bisa mengganggu ketertiban umum,"
Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada malam hari guna menjaga situasi yang kondusif.
 
"Giat ini adalah bentuk pencegahan, supaya tidak terjadi hal buruk yang bisa mengganggu ketertiban umum," kata Kasat Samapta Polres Sigi AKP Sidik Mashudianto, di Sigi, Kamis.
 
Ia mengemukakan, sasaran patroli diutamakan wilayah yang dianggap rawan tindak kriminalitas seperti tempat keramaian ataupun tepat perkumpulan pemuda-pemudi yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.
 
Giat-giat seperti ini, katanya, merupakan bentuk komitmen Polri hadir memberikan pengayoman untuk menciptakan situasi yang nyaman terhadap setiap aktivitas masyarakat.
 
Sebagaimana slogan Polri Presisi yang bermakna responsibilitas dan transparansi berkeadilan bagi setiap individu personel.
 
"Pemolisian prediktif ditekankan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, serta berkeadilan," ujarnya.
 
Pada giat rutin itu, tuturnya, polisi tidak hanya sekedar berpatroli, tetapi juga menyelipkan edukasi tentang Kamtibmas kepada masyarakat yang dijumpai, dengan harapan kondusifitas selalu terjaga.
 
Ia menambahkan, masyarakat secara umum juga berkewajiban menjaga harmonisasi dalam kehidupan sosial, dan dalam penanganan suatu peristiwa sedapat mungkin tidak melakukan tindakan "main hakim sendiri".
 
"Negara ini adalah negara hukum, maka setiap kejadian kriminal, ada lembaga negara berwenang menangani. Harinya Polisi berseragam dapat membawa warna baru dan dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri memberikan perlindungan Kamtibmas," demikian Sidik.

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023