Pamekasan (ANTARA) - Forum Silaturahim Keluarga Keraton Pamekasan (FSK2P) yang merupakan wadah perkumpulan tokoh masyarakat adat Madura menggelar diskusi publik sekaligus mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo maju sebagai Calon Presiden 2024.

"Dukungan ini karena Pak Ganjar Pranowo di mata masyarakat Madura itu orang baik, amanah, tegas, dan juga memperhatikan kelestarian budaya Indonesia," kata Putra Mahkota Kraton Pamelingan, Pamekasan Raden Panji (RP) Mohammad Rahmatullah Alaih Condro Adikoro dalam siaran pers yang diterima di Pamekasan, Jumat.

RP Mohammad Rahmatullah merupakan anak pemangku Raja Pamekasan (Alm). KH RP Moh Thariq Sya'rani Jalan Sinhaji, Kelurahan Jungcangcang, Pamekasan.

Rahmatullah mengaku memberi dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah itu setelah mengetahui sosok yang bersangkutan sebagai tokoh yang berbudi baik dan peduli terhadap semua kalangan.

Oleh karena itu, sambung dia, Masyarakat Adat Madura sangat berharap Ganjar Pranowo bisa terpilih pada Pemilu 2024 dan menjadi Presiden Republik Indonesia.

"Yang terpenting yang kami harapkan kalau Pak Ganjar terpilih, agar memperhatikan pelestarian budaya dan adat istiadat yang ada di sini," katanya.

Rahmatullah menegaskan forum masyarakat adat Madura akan secara masif menyosialisasikan sosok Ganjar dengan cara mendatangi tokoh-tokoh di Pamekasan.

Selain itu, akan dibentuk komunitas-komunitas untuk memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat setempat.

Di lokasi terpisah, tokoh Masyarakat Adat Madura di Bangkalan juga mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Deklarasi dukung Ganjar Pranowo itu digelar di Hotel Ningrat, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Tokoh Kesultanan Pangeran Blega, Ganef Shobirin mengatakan masyarakat mengagumi lima hal dari sosok Ganjar.

Kelima poin tersebut yaitu powerful, religius, realisasi program kerja, berani mengambil risiko, dan kesungguhan dalam memimpin.

Kesimpulan itu, menurut dia, terlihat dari kinerja Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

"Contoh ada jalan bolong dan rusak, beliau (Ganjar Pranowo) sudah di jalan, langsung meminta perbaikan. Oleh karena itu, kami tertarik sosok Ganjar," ujar Ganef.

Dia juga memuji kebijakan yang diterapkan Ganjar dengan mewajibkan para aparatur sipil negara (ASN) di Jawa Tengah mengenakan Baju Adat Nusantara setiap Kamis.

"Sangat peduli (adat). Mudah-mudahan seperti zaman sebelumnya wajib batik,di era beliau ini mungkin pakaian adat jadi budaya untuk melestarikan satu-satunya cara lewat pendidikan baik ASN pun, di Bangkalan juga terlaksana setiap hari tertentu memakai baju adat," katanya, menGanuturkan.

Sebelumnya, dukungan agar Ganjar Pranowo maju sebagai Calon Presiden RI juga disuarakan oleh perwakilan masyarakat nelayan dari empat kabupaten di Pulau Madura di Pantai Desa Branta, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Sebagai informasi, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon itu diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023