mengakselerasi digitalisasi keuangan, yaitu meningkatkan akses keuangan kepada UMKM dan kelompok subsisten
Gorontalo (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengukuhkan Dian Nugraha sebagai Kepala BI Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Gorontalo menggantikan Rony Widijarto Purubaskoro di Kota Gorontalo, Jumat.

Rony Widijarto Purubaskoro kini menjabat sebagai Plt. Kepala BI KPw Provinsi Aceh, sedangkan Dian Nugraha sebelumnya menjabat sebagai Analis Eksekutif di Departemen Regional.

Pengukuhan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur BI Nomor 24/105/Kep GBI/intern/2022/Rahasia tentang Penetapan Pengukuhan Promosi Pimpinan Satuan Kerja dan Penempatan Peserta Pendidikan Karier Periode Semester II/ 2022 serta Reposisi Pegawai Semester I/ 2023.

Dody dalam sambutannya mengapresiasi Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer beserta jajaran atas capaian pengendalian inflasi dan komitmen penuh dalam hal mendorong UMKM untuk naik kelas.

"BI akan senantiasa berkomitmen untuk menjaga kepercayaan guna terus melakukan inovasi dan sinergi dalam rangka mewujudkan transformasi ekonomi di negeri ini," ucap Dody.

Baca juga: BI: Penjualan eceran meningkat pada Februari 2023

Baca juga: BI: Inovasi kebijakan dan sistem pembayaran perkuat ketahanan ekonomi


Dody menyampaikan beberapa hal yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di antaranya adalah pentingnya menjaga stabilitas dan ketahanan pangan yaitu dengan cara menjaga kestabilan harga dari sisi produsen, distributor hingga konsumen.

Kemudian, kebangkitan ekonomi dan prospek yang mana ekonomi harus dibangun dengan investasi agar pertumbuhannya tinggi dan berkelanjutan. Serta diperlukan juga adanya inklusifitas ekonomi melalui pengembangan UMKM.

Ia menyampaikan tiga pesan penting kepada BI KPw Gorontalo, yang pertama adalah terkait menjaga inflasi di tengah tekanan global dan jelang hari besar keagamaan nasional.

Pesan kedua, mendorong pertumbuhan dan transformasi ekonomi di daerah dengan memanfaatkan jalur investasi dan turut melibatkan UMKM dan PSBI dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kemudian, yang ketiga mengakselerasi digitalisasi keuangan, yaitu meningkatkan akses keuangan kepada UMKM dan kelompok subsisten," ucap dia.

Sebagai penutup, disebutkan bahwa sinergi dan kerja sama BI dan pemerintah daerah harus tetap dimasifkan untuk kemajuan Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Survei BI: Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat

Baca juga: BI: Cadangan devisa Februari 2023 meningkat jadi 140,3 miliar dolar AS

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023