Tanjungpinang (ANTARA) - Pemkot Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menyalurkan bantuan dana dengan total Rp200 juta untuk para korban longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma kepada Ikatan Keluarga Serasan (IKS) di Masjid Nur Ar Rahmah, Quran Center Syahrul Quran, Jumat.

"Atas nama Pemkot Tanjungpinang, kami turut berduka atas musibah tanah longsor di Serasan. Semoga saudara-saudara kita semua di sana senantiasa diberi ketabahan dan kesabaran dalam menerima ujian dan cobaan ini," kata Rahma.

Ia menjelaskan bantuan tersebut bersumber dari zakat profesi ASN Pemkot Tanjungpinang melalui Badan Amil Zakat (Baznas) setempat sebagai wujud kepedulian untuk korban musibah di Serasan.

Hal ini sebagai wujud kepedulian para ASN pemkot terhadap warga yang tertimpa bencana alam, apalagi sesama berada dalam wilayah administratif Provinsi Kepri

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan dan bermanfaat untuk warga Serasan," ucap dia.

Baca juga: Menteri Sosial: Pulau Serasan perlu mendirikan lumbung sosial

Maskur Tilawahyu, perwakilan warga Serasan di Tanjungpinang, menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemkot dan jajaran melalui bantuan dana senilai Rp200 juta tersebut.

Ia mengatakan bencana longsor di Serasan menimbulkan luka yang mendalam bagi Tanah Air, khususnya di Provinsi Kepri.

"Insyaallah bantuan ini akan bermanfaat untuk para korban dan memberi kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Pihaknya juga telah melaksanakan Shalat Ghaib untuk mendoakan warga yang meninggal dunia akibat longsor di Serasan.

Berdasarkan data tim satgas penanganan bencana longsor Serasan hingga, Jumat sore, total 32 jenazah berhasil diangkat dari timbunan longsor di lokasi itu.

Selain itu, 1.216 orang mengungsi dan 30 rumah warga rusak akibat bencana alam tersebut.

Para pengungsi tersebar di empat titik terdiri atas pos lintas batas negara 219 orang, Puskesmas Serasan 215 orang, Pelimpak serta Masjid Al Furqon 500 orang, dan SMA 1 Serasan 282 orang.

Baca juga: Kapal BN 01 angkut logistik ke Serasan untuk korban longsor Natuna
Baca juga: Kepala BNPB : Progres penanganan longsor Natuna berjalan signifikan
Baca juga: 114 personel Polri teruskan pencarian korban longsor di Natuna

Pewarta: Ogen
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023