Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap sekaligus penulis lagu asal Korea Selatan Kim Hanbin atau dikenal sebagai B.I membiarkan dirinya menari bebas bersama penonton sepanjang tampil dalam konser solo bertajuk "B.I 2023 ASIA TOUR [L.O.L THE HIDDEN STAGE]" di Jakarta pada Jumat (10/3).
 
Dia hanya sesekali membawakan koreografi intens yang dia bawakan dalam konser sekitar dua jam itu. Selebihnya, B.I lebih banyak menari mengikuti irama lagu.
 
B.I beberapa kali meminta penonton berdiri untuk menari bersamanya dengan tetap memperhatikan aspek keamanan. Dia sembari bercanda melarang mereka duduk lama.
 
"Enggak boleh duduk. Dari awal aku perhatikan semua duduk. Kalau misal banyak duduk harus banyak berdiri ya," kata dia yang sempat menyantap donut untuk mengisi energinya sebelum konser itu.
 
Panggung tanpa lidah bukan hambatan baginya untuk lebih dekat dengan para penggemar atau disebut ID. Dia seringkali berjalan ke sisi kanan dan kiri panggung sembari bernyanyi.
 
Sang penyanyi juga cukup sering turun dari atas panggung, menangkap euforia para penggemarnya yang menantinya untuk berfoto bersama atau sekedar menatap lebih dekat.
 
Dia pun tampak menikmati jeritan para ID kala selangkah lebih dekat dengan mereka. B.I banyak berbincang selama acara mulai dari sekedar bertanya kabar dan bahkan berkisah tentang makanan yang dia makan.
 
"Panas sekali reaksinya, aku jadi panas. Padahal aku jarang keringetan. Aku cinta kamu sayang," kata dia mencoba merayu.
 
Aksi buka jaket sehingga memperlihatkan kaus tanpa lengan yang dia lakukan cukup mampu menambah volume suara jeritan dan energi para ID.
 
Jeritan penonton semakin menjadi kala B.I tiba-tiba menyanyikan sepotong lirik lagu milik grup musik Kahitna berjudul "Cantik", kendati tak begitu terdengar jelas lirik yang dia bawakan kala itu.
Penyanyi asal Korea Selatan Kim Hanbin atau dikenal sebagai B.I saat tampil dalam gelaran konser solonya bertajuk "B.I 2023 ASIA TOUR [L.O.L THE HIDDEN STAGE]" di Jakarta pada Jumat (10/302023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Di sisi lain, para penonton menikmati penampilan B.I tak semata berdiri tetapi juga ikut bernyanyi bersamanya dan bahkan ikut melompat mengikuti gerakan B.I. Sebagian mereka juga mengabadikan momen itu dengan ponsel masing-masing.
 
Malam itu, sang rapper membawakan sederet lagu populernya termasuk "BTBT", "Be I", "WATERFALL", "Alive", "Illusion", "Gray", "Tangerine", "Got It Like That ", "Daydream", "NERD", "COSMOS", "Middle with you" dan "Keep me up".
 
Hadirnya penyanyi Afgan yang tampil bersama menambah variasi penampilan sang idola selama konser. Bersama Afgan, B.I membawakan "illa illa", sebuah lagu kolaborasi keduanya yang dirilis tahun 2021.
 
Afgan juga menyanyikan sebuah lagu miliknya yang berkolaborasi bersama penyanyi idola Jackson Wang berjudul "M.I.A". Tak hanya bernyanyi, pelantun "Panah Asmara" itu sempat membahas tentang rasa suka B.I pada rendang.
 
Usai Afgan pamit, B.I kembali mengambil alih panggung untuk menyanyikan lagu solo lain miliknya seperti "Then" dan "Re-Birth".
Penyanyi asal Korea Selatan Kim Hanbin atau dikenal sebagai B.I tampil bersama penyanyi Afgan dalam gelaran konser solonya bertajuk "B.I 2023 ASIA TOUR [L.O.L THE HIDDEN STAGE]" di Jakarta pada Jumat (10/302023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 
Aksi penonton berteriak "eaaaa" memang sempat membuatnya tertegun. Namun dalam beberapa saat dia membalas teriakan dengan gerakan kedua tangan seolah sedang menggulung.
 
Di tengah acara, dia tampil mengejutkan dengan tiba-tiba berhenti bernyanyi saat melihat penonton yang keluar ruangan. Dia bertanya alasan mereka keluar lalu menunggu beberapa saat sembari memastikan penonton yang keluar akan kembali.
 
Menjelang akhir pertunjukan, B.I menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran para penonton malam itu. Dia berharap mereka dapat bersenang-senang bersama.
 
B.I lalu membocorkan rencananya mengeluarkan album baru pada tiga bulan mendatang. Dia berharap para penggemar bersemangat menantinya, sama seperti dirinya saat mempersiapkan album itu.
 
Video proyek penggemar diputar dilayar besar, menjadi satu suguhan yang dibuat khusus untuknya dan ini membuat B.I terharu.
 
Setelah Jakarta, sang rapper dijadwalkan menggelar konser di Taipei pada 12 Maret 2023, Singapura 18 Maret 2023 dan Makau pada 30 April mendatang.

Ini bukan kali pertama B.I tampil sebagai solois di hadapan para penggemarnya di Indonesia. Setahun lalu, dia bersama penyanyi rap Jessi menginjakkan kaki di Jakarta sebagai penampil dalam sebuah festival musik.
Dalam acara itu, penyanyi rap RAMENGVRL dan Afgan juga ikut memeriahkan acara.
 
Sebelumnya, pada Februari lalu, 131 Label secara resmi mengumumkan bahwa B.I meninggalkan posisinya sebagai direktur eksekutif agensi untuk fokus pada musiknya, sementara label akan dikelola oleh tim baru dari kalangan profesional bisnis hiburan.
 
Agensi juga mengumumkan perubahan rencana jadwal perilisan mini album baru B.I yakni "Love or Loved Part.2".
 
B.I sebelumnya telah merilis “COSMOS”, bagian pertama dari album studio keduanya pada tahun 2021.
 
Menurut 131 Label, album studio kedua B.I akan dirilis pada paruh pertama tahun 2023, sedangkan “Love or Loved Part.2” akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2023