Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kornas Relawan Pro Ganjar Pranowo (ProGP) Benny Kisworo menyatakan peforma Ganjar Pranowo dalam menurunkan angka kemiskinan sudah berada di treknya.
 
"Performa Ganjar Pranowo dalam mengentaskan masalah kemiskinan di Jateng on the track. Berbagai kebijakan dan program serta inovasi Ganjar dalam menekan angka kemiskinan terbukti berhasil," kata Benny dalam keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Benny mengapresiasi berbagai langkah terobosan dan inovasi Ganjar Pranowo dalam menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah (Jateng).
 
Berdasarkan data BPS, kata Benny, Ganjar Pranowo telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan di Jateng selama dirinya menjabat dari 2013 hingga 2022.

Baca juga: Ini tiga pesan Ganjar kepada penerima SK Perhutanan Sosial

Baca juga: Ganjar instruksikan optimalisasi APBD untuk perbaikan jalan
 
"Dari 14,44 persen pada 2013 turun menjadi 10,93 persen pada 2022. Secara kuantitas, jumlah penduduk miskin juga berkurang 979.860 jiwa pada periode tersebut," ucap dia.
 
Bahkan pada periode September 2021 sampai Maret 2022, menurut Benny angka penurunan kemiskinan di Jateng tertinggi nasional.
 
"Angka penurunan penduduk miskin tersebut mengungguli Jawa Timur yang berkurang sebanyak 78.310 orang," kata dia lagi.
 
Lebih lanjut, menurut Benny Ganjar memahami bahwa pengentasan kemiskinan di Jateng membutuhkan kerja sama dan gotong royong dari banyak pihak. Menurut dia selain dari program dan kebijakan yang anggarannya bersumber serta mengandalkan dari dana APBD, Ganjar Pranowo juga menggandeng pihak- pihak luar pemerintah.
 
"Seperti dana dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan besar swasta yang siap membantu menurunkan angka kemiskinan di Jateng," ujar Benny.

Baca juga: Ganjar dukung Indonesia jadi lumbung pangan dunia
 
Benny meyakini keberpihakan terhadap wong cilik dan pengentasan kemiskinan akan terus menjadi prioritas Ganjar Pranowo ke depan. Karena, kata Benny Ganjar memiliki rasa yang sama, sebab pernah merasakan hidup dalam serba kesederhanaan.
 
Berbagai macam strategi dan program pengentasan kemiskinan ala Ganjar Pranowo pun lanjut dia bisa dengan mudah dilacak jejak digitalnya serta bisa menjadi percontohan di provinsi-provinsi lainnya.
 
"Kami berkeyakinan pengentasan kemiskinan akan terus menjadi prioritas Ganjar ke depan dengan program dan inovasi-inovasi lainnya," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023