Boyolali (ANTARA) - Dua desa di Kabupaten Boyolali, yakni Klakah dan Tlogolele di Kecamatan Selo terjadi hujan abu sebagai dampak dari erupsi Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa tengah dan D.I. Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Kepada Desa Klakah Selo Boyolali, Marwoto, Gunung Merapi mengeluarkan suara gemuruh dari puncak terdengar di Desa Klakah sekitar pukul 12.15 WIB dan kemudian mengeluar asap tebal warna putih ke atas cukup tinggi.

Hujan abu dampak dari erupsi Gunung Merapi mulai turun di wilayah Desa Klakah terjadi sekitar pukul 12.40 WIB. Abu itu, terbawa angin menuju ke wilayah Klakah.

"Kondisi Desa Klakah sebagai dampak hujan abu dari puncak Merapi masih aman terkendali. Namun, warga tetap menjaga kewaspadaan sambil mengamati dan menunggu informasi perkembangan terkini," katanya menjelaskan.

Hujan abu yang mengguyur di wilayah Klakah lumayan tebal dan abu cukup merata serta warga juga sebagian sudah mengenakan masker untuk mengantisipasi abu vulkanik dampak erupsi.

Sementara itu, Kepala Desa Tlogolele Selo L. Ngadi mengatakan terjadi erupsi Merapi terdengar dari Desa Tlogolele sekitar pukul 12.15 WIB. Tlogolele sekitar 30 menit kemudian terjadi hujan abu cukup pekat.

"Kami dampak hujan abu di Desa Tlogolele kini sedang membagikan masker untuk antisipasi terjadi infeksi saluran pernafasan untuk warga," katanya.

Namun, warga tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan kondisi terkini di Tlogolele sudah mulai terang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Rima Kusuma saat dikonfirmasi pihaknya sedang menuju ke lokasi hujan abu untuk melihat kondisi perkembangan terkini.

"Kami telah membagikan masker untuk membantu warga dalam antisipasi abu vulkanik," katanya. 

Baca juga: Kabupaten Magelang terdampak hujan abu Merapi

Baca juga: Gunung Merapi keluarkan awan panas guguran ke arah Kali Bebeng

Baca juga: Gunung Merapi luncurkan dua guguran lava selama sepekan


Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023