Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional sepekan terakhir mulai dari Presiden Joko Widodo mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum untuk mengajukan banding atas putusan PN Jakpus hingga Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang berulang tahun ke-80.

Berikut lima peristiwa politik sepekan yang menarik untuk disimak:

1. Presiden dukung KPU banding putusan PN Jakpus soal tunda pemilu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang memutuskan agar KPU tidak melaksanakan atau menunda pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dan memang itu sebuah kontroversi yang menimbulkan pro dan kontra, tapi juga pemerintah mendukung KPU untuk naik banding," kata Jokowi saat usai melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin.

Selengkapnya di sini

2. Wapres serukan elit parpol jaga etika berpolitik di tahun pemilu

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerukan kepada seluruh elit partai politik menjaga etika dalam berpolitik, untuk mencegah bangsa terpecah-belah di tahun pemilu atau tahun politik.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sesi tanya jawab dengan Diaspora Indonesia di Jepang, dalam forum Dialog Kebangsaan yang digelar di Hotel Imperial Osaka, Jepang, Senin malam.

Selengkapnya di sini

3. Panglima TNI tolak tawaran bantuan Selandia Baru
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pihaknya menolak tawaran bantuan dari Selandia Baru, terkait pencarian pilot Susi Air yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

"Mereka menawarkan bantuan, tapi saya masih mampu menyelesaikan," katanya di Mabes TNI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

4. PPP jawab kemungkinan koalisi dengan PDIP
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjawab kemungkinan koalisi dengan PDIP pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Yang jelas kan kalau kita bicara tentang koalisi partai politik semua masih terbuka untuk berubah. Jadi dalam satu koalisi bisa bertambah, bisa juga berkurang," kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani di Solo, Jumat.

Selengkapnya di sini

5. Presiden ucapkan selamat ulang tahun kepada Wapres
Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat ulang tahun Ke-80 kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui sambungan telepon di Jakarta, Sabtu.

"Pak kiai, Pak Wapres, (saya) menghaturkan selamat ulang tahun yang ke-80," ujar Presiden, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023