bantuan dari PTBA sebagai bentuk kepedulian perusahaan
Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menurunkan Tim Emergency Response Group untuk membantu evakuasi korban bencana alam banjir di Kabupaten Muara Enim dan Lahat, Provinsi Sumatra Selatan.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim selama dua hari pada 9-10 Maret 2023 itu mengakibatkan banjir di sejumlah titik.

Asisten Manajer Community Partnership Corporate Social Responsibility PTBA Arkoni dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Senin, mengatakan PTBA menurunkan Tim Emergency Response Group (ERG) Bukit Asam di bawah komando General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) PTBA Venpri Sagara untuk membantu evakuasi korban yang terdampak banjir di RT 05 Talang Gabus, Tanjung Enim. Pada wilayah ini terdapat 6-7 unit rumah warga yang terendam banjir.

Tim ERG juga bergerak di Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Panang Enim dan menuju Jalan Kapas Satuan Landbow samping SMK Negeri 1 Muara Enim, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim.

Ia menjelaskan Tim ERG Bukit Asam yang berjumlah 31 personel merupakan gabungan dari PTBA, PT Putra Perkasa Abadi (PPA), PT Pamapersada Nusantara, dan PT BAK. Sebanyak 31 personel itu terdiri atas 23 orang untuk penyelamatan, empat orang di bagian logistik, empat orang paramedis, dan sisanya keamanan serta operator.

Baca juga: Ratusan rumah di Muara Enim terendam banjir dua meter
Baca juga: BPBD: Kebutuhan logistik ribuan korban banjir Muara Enim terjamin

Pasca terjadinya bencana banjir, katanya, Tim ERG Bukit Asam melakukan evakuasi dan asesmen terhadap 21 kepala keluarga (KK) dan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lumpur di area terdampak di Dusun VIII Muara Enim dan melakukan mobilisasi warga lanjut usia ke posko di Desa Lingga, Tanjung Enim, Lawang Kidul.

Kemudian, PTBA memberikan bantuan dalam bentuk sembako yang terdiri atas 1 ton beras, 150 kilogram telur, 150 liter minyak goreng, 100 dus air mineral, dan 100 dus mie instan

Asisten Manajer Community Partnership Corporate Social Responsibility PTBA Arkoni menyerahkan bantuan untuk warga Desa Lubuk Nipis yang diwakili Camat Panang Enim Meifajar Haryadi, di Posko Banjir Panang Enim, Jumat (10/3).

Penyerahan bantuan berupa selimut, beras, minyak, gula, dan roti itu  disaksikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru dan Pj Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah

Sedangkan untuk korban banjir di Tanjung Enim dibagikan sebanyak 120 paket nasi kotak di Pondok Pesantren Darul Hijroh.

Baca juga: Lima kabupaten di Sumsel nyatakan status siaga bencana banjir-longsor
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan level waspada di Sumsel

Mewakili Manajemen PTBA, Arkoni menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas musibah yang dialami para korban banjir.

"Semoga bantuan dari PTBA sebagai bentuk kepedulian perusahaan bisa bermanfaat dan meringankan beban hidup masyarakat yang tertimpa musibah banjir," ungkapnya..

Selain di Muara Enim, PTBA juga memberikan kepedulian terhadap lebih kurang 3.000 jiwa warga Kabupaten Lahat yang menjadi korban bencana banjir bandang di beberapa desa pada Kamis (9/3).

Vice President Sustainability PTBA Hartono langsung menyambangi korban banjir dan menyampaikan duka mendalam atas musibah yang dialami warga Lahat tersebut.

Dalam kesempatan ini, Hartono juga memberikan bantuan dalam bentuk sembako, air mineral, makanan bayi, dan perlengkapan kebersihan untuk warga yang tertimpa musibah banjir.

Bantuan tersebut diserahkan melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat Ali Afandi di Kantor BPBD Kabupaten Lahat, Sabtu (11/3).

Baca juga: Polda Sumsel terjunkan Brimob tanggulangi dampak banjir bandang Lahat
Baca juga: Banjir bandang rendam 3 desa di Lahat Sumsel, tinggi air capai 1,5 m
Baca juga: SAR temukan jasad bocah laki-laki yang terseret banjir di Lahat Sumsel

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023