Kudus (ANTARA) - PT Pos Cabang Kudus, Jawa Tengah, turut membantu memberdayakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kudus dengan menyediakan ruang pamer hasil produksi mereka.

"Ruang pamer berlabel 'Pojok UMKM'  ditempatkan di pojok kanan di ruang pelayanan PT Pos Cabang Kudus yang tersedia rak untuk memajang produk-produk para pelaku UMKM di Kudus," kata Kepala PT Pos Cabang Kudus Nola Wahyuni di Kudus, Senin.

Kehadiran  ruang untuk memasarkan produk UMKM tersebut merupakan instruksi dari pusat sebagai bentuk komitmen untuk memberikan ruang bagi pelaku usaha kecil di masing-masing daerahnya.

Untuk sementara ini, kata dia, sudah ada 10 pelaku UMKM yang digandeng untuk mengisi pojok UMKM tersebut. Nantinya, jumlah produk yang ada bisa ditambah ketika ada mendapatkan respons bagus dari masyarakat.

Selain itu, PT Pos juga siap melayani masyarakat yang berkeinginan mengirimkan produk UMKM yang ada itu untuk dikirimkan ke sanak saudaranya atau teman dekatnya di luar daerah atau semacam parsel saat Lebaran nanti.

"Kami siap melayani permintaan masyarakat tersebut. Apalagi, produk yang ditawarkan juga cukup beragam dan memang produk lokal Kudus," ujarnya.

Sebelum mulai meluncurkan pojok UMKM per Februari 2023, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus sebagai pihak yang menaungi UMKM di Kudus.

Berdasarkan pantauan, produk lokal yang ditawarkan mulai dari minuman, makanan ringan hingga produk kopi serta sirup parijoto yang memang produk khas Kota Kudus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati menyambut positif tersedianya ruang pamer untuk produk UMKM di Kabupaten Kudus, sehingga bisa memperluas pangsa pasarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023