Pemerintah telah melakukan langkah-langkah antisipatif, yaitu dengan mengidentifikasi negara-negara nontradisional sebagai alternatif negara tujuan ekspor
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimis Indonesia bisa menjadi pencipta tren atau trendsetter pengembangan furnitur gaya hidup yang ramah lingkungan (eco lifestyle furniture).

Oleh karena itu, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita dalam keterangan di Jakarta, Senin, berharap pelaku industri kecil dan menengah (IKM) furnitur dan kerajinan bisa terus mengikuti tren pasar global serta aktif melakukan inovasi.

“Kami berharap para pelaku IKM furnitur dan kerajinan dapat terus mengikuti tren pasar global serta aktif melakukan inovasi, dan yang penting juga tetap menjaga kelestarian lingkungan dalam rantai pasoknya. Kami optimistis Indonesia akan bisa menjadi trendsetter dalam pengembangan eco lifestyle furniture,” katanya.

Menurut Reni, iklim tropis di Indonesia menjadi potensi besar bagi pengembangan industri furnitur dan kerajinan. Hal itu lantaran Indonesia mempunyai kekuatan keuntungan berupa melimpahnya bahan baku kayu beraneka jenis, serta bahan baku rotan dan bambu.

Melalui kekuatan dari ketersediaan bahan baku serta didukung dengan desain yang unik dan menarik, pemerintah optimistis produk furnitur Indonesia memiliki nilai tambah yang tinggi dan mampu berdaya saing global.

“Selain itu juga perlu didukung dengan konsep berwawasan lingkungan,” imbuhnya.

Kemenperin sendiri terus memfasilitasi para pelaku IKM sektor furnitur dan kerajinan untuk tampil di ajang pameran tingkat nasional dan internasional guna memperluas akses pasar dan jaringan bisnis bagi mereka.

Salah satunya melalui pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023 dan Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (JIFFINA) 2023.

Di ajang IFEX 2023 yang dihelat di Jakarta Internasional Expo Kemayoran pada 9-12 Maret 2023, Ditjen IKMA Kemenperin memboyong 17 IKM furnitur dan kerajinan serta dekorasi rumah. Sementara di JIFFINA 2023 yang digelar di Jogja Expo Center pada 11-14 Maret 2023, ada 12 IKM furnitur yang mendapatkan fasilitas booth pameran.

Selain fasilitasi pada pameran nasional maupun internasional, Kemenperin juga menjalankan beragam instrumen kebijakan dalam rangka mengembangkan industri furnitur dan kerajinan, antara lain fasilitasi pusat logistik bahan baku, program revitalisasi mesin dan peralatan, serta fasilitasi politeknik furnitur.

“Selain itu kami juga menjalankan program pengembangan desain furniture, insentif tax holiday, tax allowance, serta super deduction tax untuk R&D dan vokasi. Ada pula penerapan SNI dan SKKNI serta penerbitan sertifikat TKDN,” tambahnya.

Di sisi lain, sejak 2022, pemerintah juga mendukung program Pendampingan Aku Siap Ekspor (ASE) yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), dan Business & Export Development Cooperation (BEDO).

Program ASE cukup berhasil untuk mempersiapkan para IKM furnitur dan dekorasi rumah yang berorientasi ekspor, agar dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing dalam menghadapi pasar ekspor.

Pada tahun 2022, ekspor produk furnitur dan kerajinan mencapai 3,5 miliar dolar AS. Adapun negara tujuan utamanya antara lain Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Jerman, dan Inggris.

Ada pun lima negara importir furnitur terbesar di dunia, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Prancis, dan Belanda memiliki total nilai impor sebesar 145,3 miliar dolar AS.

Meski nilainya besar, perlambatan ekonomi di negara-negara tujuan ekspor tersebut jadi tantangan bagi IKM furnitur dan kerajinan.

“Pemerintah telah melakukan langkah-langkah antisipatif, yaitu dengan mengidentifikasi negara-negara nontradisional sebagai alternatif negara tujuan ekspor,” ucapnya.

Baca juga: Kemenperin pacu kinerja industri furnitur dan kerajinan
Baca juga: Kemenperin dukung industri furnitur tingkatkan daya saing
Baca juga: Menperin: Kasus impor ilegal sepatu bekas segera diusut tuntas

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023