Manado (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara menyiapkan anggaran sebesar Rp37 miliar untuk mengerjakan 'Manado Outer Ring Road' (MORR) tiga tahap tiga sepanjang 1,9 kilometer.

"Saat ini untuk pengerjaan MORR tiga tahap III ini sementara dalam proses lelang," sebut Kepala BPJN Sulut, Hendro Satrio MK di Manado, Selasa.

Pembangunan segmen ini, kata dia, adalah kelanjutan dari MORR tiga tahap satu dan dua masing-masing sepanjang 1,5 kilometer.

"Tiga kilometer panjang jalan yang sudah kami bangun ini saat ini berada di depan kantor Brimob, dan nanti setelah ketambahan 1,9 kilometer ini akan tembus ke jalan Sea," jelas Hendro.

Dia menyebutkan MORR III dari Kalasey ke Winangun yang akan dibangun ini total panjangnya 11 kilometer.

Artinya, kata dia, dari yang sudah dibangun (tiga kilometer) ditambah dengan yang akan dibangun tahun ini (1,9 kilometer), totalnya 4,9 kilometer atau masih ada sekitar enam kilometer.

"Jadi proyek yang akan kita kerjakan pada tahun ini yakni 1,9 kilometer semua lahannya sudah dibebaskan oleh pemerintah provinsi melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan). Kami lelang dan kerjakan apabila sudah dibebaskan," ujarnya.

Dia menyebutkan, pembangunan MORR tiga ini nantinya akan terkoneksi dengan MORR satu dan dua yang telah dibangun sebelumnya.

Selain mengurai kemacetan, kehadiran MORR tiga ini nantinya akan menggerakkan distribusi barang dan manusia menuju dan keluar wilayah Sulawesi Utara.

Baca juga: Secara daring, Presiden resmikan ruas Manado-Danowudu Sulawesi Utara

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023