Ini karena petani kecil memiliki tantangan keterbatasan akses terhadap informasi, masukan, dan pasar
Jakarta (ANTARA) - Ekonom Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) Priasto Aji menilai Indonesia harus memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dalam ekosistem digital untuk meningkatkan produktivitas pertanian bagi petani kecil.

"Ini karena petani kecil memiliki tantangan keterbatasan akses terhadap informasi, masukan, dan pasar," ucap Aji dalam diskusi daring "Indonesia Development Talk 11" di Jakarta, Kamis.

Maka dari itu, hal yang bisa dilakukan yakni mengubah transaksi perusahaan dari luring menjadi daring, menggunakan TIK untuk mendiversifikasi tanaman petani kecil, serta membangun sistem ekosistem digital yang berpusat pada petani

Dengan demikian, ia mengatakan rantai pasokan daring baru dan pasar produk pertanian akan muncul.

Adapun dalam meningkatkan produktivitas pertanian, e-commerce memiliki peluang yang besar yaitu lingkup interaksi pasar petani kecil menggunakan sistem platform e-commerce baru dengan akses ke pembeli daring dan layanan untuk keluarga petani.

Peluang lainnya yakni dengan membangun hubungan baru yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta membantu melestarikan lingkungan lokal petani kecil melalui solusi transportasi baru yang ramah karbon dan berbiaya lebih rendah.

Di sisi lain, Aji menyarankan agar literasi digital masyarakat pedesaan harus ditingkatkan terlebih dahulu, mulai dari perencanaan dari bawah ke atas serta pengambilan keputusan untuk pengembangan usaha keluarga dan pertanian secara daring.

Kemudian, inisiatif pemerintah untuk mempromosikan literasi digital dan pengembangan keterampilan di daerah pedesaan turut diperlukan, serta memasukkan perempuan dan milenial dalam strategi implementasi ekosistem digital.

"Kolaborasi publik dan swasta dengan mitra global dan perusahaan rintisan akan mengembangkan dan meningkatkan ekosistem digital, yang dapat mengkatalisasi arah baru pertanian Indonesia," ungkapnya.


Baca juga: KTNI dorong petani milenial di Jaksel promosikan produk secara digital
Baca juga: Mentan sebut pertanian bisa menjadi kekuatan utama di masa depan
Baca juga: Peneliti: Percepat penerapan teknologi digital dalam sektor pertanian

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023