Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak menekankan agar para prajurit menjaga nama besar komando tempur TNI AD tersebut.

"Kostrad memiliki nama besar dan tiap-tiap satjar (satuan jajaran) Kostrad memiliki sejarah. Agar dapat mencintai suatu satuan, setiap prajurit harus mengenal sejarah satuannya, sehingga rela dan ikhlas berbuat yang terbaik dan tidak akan mempermalukan nama Kostrad," kata Maruli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Maruli menyampaikan hal itu saat membuka Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan Kostrad Tahun Anggaran 2023 yang digelar di Markas Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad, Malang, Jawa Timur, Jumat.

Hal serupa juga disampaikan Maruli kepada jajaran anggota Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad.

Baca juga: Pangkostrad jabat posisi strategis di Federasi Judo Internasional

Menurut dia, mereka yang telah memilih menjadi istri prajurit harus menyatu dengan sifat dan watak Persit, yakni suci, setia, sepi ing pamrih rame ing gawe (bekerja giat tanpa pamrih berlebihan), ikhlas, rela, bijaksana dan cendekia, serta berani dan bertanggung jawab.

"Untuk itu, saya minta semua istri dansat (komandan satuan) agar setia mendampingi suami bertugas di satuan, yang merupakan anugerah dan amanah dari Tuhan," tambahnya.

Maruli juga mengingatkan bahwa setiap anggota Persit memiliki kewajiban untuk peduli terhadap sesama anggota, berbuat baik, serta menyeimbangkan fungsi sebagai istri, ibu, dan anggota.

"Jadilah orang tua yang baik bagi anak-anak kita. Bijak bersosial media, apalagi menjelang tahun politik 2024, karena istri yang tidak bijak bersosial media akan berdampak pada suami dan keluarga," tuturnya.

Baca juga: Kasad ingatkan perwira tinggi yang naik pangkat jangan pragmatis

Rapat Pimpinan (Rapim) dan Apel Komandan Satuan Kostrad 2023 itu berlangsung sejak Rabu (15/3) hingga Jumat.

Rapim Kostrad 2023 mengusung tema "Kostrad Patriot NKRI yang Profesional, Siap Mendukung Pembangunan Nasional" dengan tujuan mengevaluasi program kerja dan anggaran Kostrad 2022 serya menyosialisasikan program dan kegiatan prioritas 2023.

Sementara Apel Komandan Satuan Kostrad 2023 bertema "Meningkatkan Kemampuan Dansat Guna Mewujudkan Profesionalisme Prajurit Kostrad sebagai Patriot NKRI dalam rangka Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok Kostrad".

Tema tersebut dinilai tepat untuk menyamakan persepsi dansat Kostrad dalam melaksanakan tugas pokok secara adaptif, profesional, modern, dan tangguh guna meningkatkan kemampuan operasional satuan Kostrad.

Baca juga: Kapolri: Sinergitas TNI-Polri jaga wibawa RI lindungi rakyat

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023