Jakarta (ANTARA/JACX) – Kasus penganiayaan dengan kekerasan yang dilakukan salah satu anak mantan pegawai Kementerian Keuangan berdampak pada sorotan masyarakat terhadap personel instansi itu, termasuk kebijakan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selain kasus penganiayaan, sorotan terhadap Kementerian Keuangan juga terkait pamer harta dan kepemilikan kekayaan yang dianggap tidak wajar.

Salah satu sorotan itu, berupa unggahan video Facebook berdurasi enam menit yang menarasikan semua jajaran kementerian setuju bahwa Menkeu Sri Mulyani dicopot dari jabatannya dan dimiskinkan hingga tujuh turunan. 

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Selvruh M3ntri Sep4kat M1skink4n Buk Sr1 7 Tvrun4n”

Namun, benarkah bahwa Sri Mulyani dicopot dari jabatan sebagai Menteri Keuangan?

Unggahan hoaks yang menyatakan bahwa Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dicopot dari jabatannya dan dimiskinkan tujuh turunan. Faktanya, dalam unggahan video tersebut tidak sesuai dengan judul yang dinarasikan. (Facebook)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan video tersebut tidak menyatakan bahwa Sri Mulyani dicopot dari jabatan menteri keuangan, sebagaimana disebut dalam sampul unggahan.

Konten video di Facebook itu justru membahas Kepala Subbag Tata Usaha dan Rumah Tangga Kanwil DJP Sumatera Utara II Bursok Anthony Marlon yang kecewa karena pengaduannya diabaikan Sri Mulyani sejak 2021.

Isi konten itu merujuk pada laporan CNBC Indonesia berjudul ‘Lapor Sri Mulyani, Pegawai Pajak Kena Tipu Investasi Bodong’.

Sementara, foto sampul unggahan video tersebut serupa dengan foto dalam laman Kementerian sosial yang berjudul ‘Rapat Kerja Kementerian Sosial dengan Komisi VIII DPR RI’.

Dengan demikian, unggahan video tersebut tidak berhubungan dengan pencopotan Sri Mulyani dari jabatan sebagai menteri keuangan.

Klaim: Sri Mulyani dicopot sebagai menteri keuangan
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Sri Mulyani dituntut mundur oleh massa yang datangi Kemenkeu

Cek fakta: Hoaks! Sri Mulyani bersiap jebloskan SBY ke penjara

Baca juga: Sri Mulyani lantik 26 pejabat baru di lingkungan Kemenkeu

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023