Jakarta (ANTARA) - MALANG, 21 Maret (Xinhua) -- Sebuah tim sukarelawan dari badan amal konservasi hewan Aspinall Foundation Indonesia baru-baru ini melepasliarkan lima ekor lutung jawa, yang terdiri dari satu lutung jantan dan empat lutung betina, di sebuah hutan konservasi di Malang Selatan dalam upaya untuk mendongkrak populasi hewan tersebut.

Terdaftar sebagai salah satu spesies rentan terancam punah oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN), lutung jawa (Trachypithecus auratus), spesies primata endemik Indonesia, mengalami penurunan populasi selama beberapa tahun akibat perburuan, perdagangan hewan, dan penghancuran habitat.
 
Para sukarelawan membawa beberapa ekor lutung jawa di dalam kandang sebelum dilepasliarkan di hutan konservasi Malang Selatan di Malang, Provinsi Jawa Timur, pada 20 Maret 2023. (Xinhua/Aditya Hendra)
 
Para sukarelawan membuka kandang untuk melepasliarkan seekor lutung Jawa di hutan konservasi Malang Selatan di Malang, Provinsi Jawa Timur, pada 20 Maret 2023. (Xinhua/Aditya Hendra)



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023