Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia menelan kekalahan 4-5 dari China pada pertandingan terakhir Grup C Piala Asia sepak bola pantai 2023, yang dimainkan di Jomtien Arena, Pattaya, Thailand, Selasa.

Kekalahan itu merupakan hasil terbaik Indonesia pada partisipasinya di turnamen ini. Sebelumnya, tim Garuda Pantai takluk 0-7 dari juara bertahan Jepang, kemudian ditundukkan 0-12 saat berhadapan dengan Lebanon, pada dua pertandingan awal Grup C.

Dengan hasil tersebut, Indonesia menghuni posisi keempat klasemen grup dengan nol poin. Jepang melaju ke fase berikutnya sebagai juara grup dengan sembilan poin, sedangkan peringkat kedua diduduki China dengan enam poin, Lebanon hanya mampu mengumpulkan tiga poin dan duduk di posisi ketiga, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

Pada laga kontra China, Indonesia memimpin terlebih dahulu saat babak pertama menunjukkan menit ketujuh. Sepakan kaki kiri Junius Bate mengarah akurat masuk ke sudut gawang China yang dikawal kiper Huang Yugeng. Tertinggal lebih awal, China yang membutuhkan kemenangan untuk dapat lolos dari fase grup berusaha keras untuk dapat mengejar ketertinggalan. Ancaman nyata pertama mereka dapatkan melalui tendangan bebas Cai Weiming yang dapat ditepis kiper Casala Pratama.

Baca juga: Indonesia takluk 12 gol tanpa balas dari Lebanon

Namun justru Garuda pantai yang mampu menggandakan keunggulan melalui sepakan keras Nyoman Widnyana, setelah ia berhasil mengecoh pengawalnya. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-0 bagi Indonesia.

Pada awal babak kedua, saat waktu menunjukkan menit ke-11 China memperkecil ketertinggalan. Setelah kerap mendapat tekanan, kiper Casala akhirnya kemasukan gol pertamanya di laga ini saat ia gagal menghalau sepakan keras Bai Fan.

Bai Fan mengemas gol keduanya untuk sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit keenam melalui tendangan bebas jarak jauh yang menembus gawang Indonesia.

Gawang Indonesia kemasukan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut pada menit ketiga babak kedua. Setelah menerima umpan terobosan, Cai Weiming tanpa kesulitan melesakkan gol untuk membawa China berbalik memimpin 3-2.

Pada dua menit terakhir babak kedua, gawang Indonesia kemasukan dua kali. Kelengahan pemain bertahan Indonesia membuat bola dapat direbut oleh Han Xuegeng dan dikonversi menjadi gol keempat, dan Liu Haoran memperlihatkan aksi individu briliannya dengan gerakan memotong di area pertahanan Indonesia, sebelum melesakkan bola masuk ke gawang Casala. Babak kedua pun ditutup dengan keunggulan 5-2 bagi China

Indonesia mencoba bangkit pada babak ketiga. Pasukan asuhan Ida Nyoman Mahayasa mampu mengemas gol ketiganya pada menit keenam babak ketiga, melalui sepakan Bate. Setelah itu Kadek Dwipayudha memperkecil ketertinggalan tim Garuda Pantai berkat golnya empat menit kemudian. Namun sampai akhir, upaya untuk membawa pulang satu poin dari kejuaraan ini gagal diwujudkan setelah China mampu mengamankan kemenangan tipis 5-4.

Baca juga: Indonesia takluk 0-7 dari Jepang pada Piala Asia Sepak bola Pantai
Baca juga: Timnas sepak bola pantai Indonesia tak gentar di grup berat Piala Asia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023