Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) masa bakti 2023-2027 Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma bertekad membuat olahraga layar Indonesia bangkit.

Dalam pelantikan di Wisma Elang Laut, Jakarta, Selasa, Erwin menyampaikan komitmen untuk membuat prestasi olahraga layar Indonesia bangkit, baik dalam ajang olahraga nasional maupun internasional.

Olahraga layar, menurut Erwin, Indonesia sebagai negara maritim memiliki potensi yang sangat besar dengan lautnya untuk olahraga layar.

"Saya beserta seluruh pengurus PB.Porlasi berkomitmen dan siap untuk membangkitkan prestasi layar di Indonesia dan berpartisipasi dalam event nasional maupun internasional, kami membutuhkan arahan, bimbingan dan dukungan dari pihak yang kedepannya akan terkait, sehingga dapat menghasilkan prestasi sesuai harapan kita," kata Erwin dikutip dari laman resmi KONI Pusat.

"Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia, sebagai negara bahari, olahraga perairannya tidak ketinggalan dengan negara maju lainnya, itu sebagai komitmen saya."

Baca juga: Selancar Internasional puji kesiapan Bali sebagai tuan rumah AWBG 2023

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, saat mengukuhkan dan melantik PB Porlasi masa bakti 2023-2027, berharap Indonesia sebagai negara maritim dapat berjaya di laut dengan menunjukkan atlet layar meraih prestasi dunia.

Di sisi prestasi, menurut Marciano, olahraga layar adalah olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade di mana Indonesia memerlukan banyak peraih emas ajang multievent akbar tersebut.

Olahraga layar juga dilombakan pada Olimpiade, sehingga dengan pembinaan yang baik sejak dini atlet-atlet Indonesia memiliki peluang untuk bersaing memperebutkan medali pada pesta olahraga empat tahunan itu.

"Saatnya berkonsentrasi kepada atlet-atlet usia dini, sehingga Indonesia bisa mempersiapkan atlet-atletnya untuk Youth Olympic di masa yang akan datang," ujar Marciano.

Selain itu, Ketum KONI Pusat berpesan untuk menyosialisasikan layar lebih masif di seluruh Indonesia.

"Masyarakatkan olahraga layar ini ke seluruh pelosok Indonesia," ujar Marciano sembari berharap sinergitas dengan TNI Angkatan Laut banyak terlibat dalam kepengurusan Porlasi.

Seiring adanya Daerah Otonom Baru (DOB) dan KONI Provinsi antara lain Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan, PB Porlasi juga diharap dapat menyiapkan pengurus provinsi (Pengprov) pada empat provinsi baru tersebut.

Baca juga: Voli pantai putra dan putri latihan terpisah menuju SEA Games 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023