Sebelum pertemuan besok, saya mengajak seluruh keluarga ASEAN dan Republik Demokratik Timor-Leste menikmati kuliner khas Indonesia
Magelang (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak para delegasi ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat 2023.menikmati pesona Indonesia berupa kuliner, tari dan musik tradisional Indonesia sembari menikmati pemandangan malam hari Candi Borobudur. 

“Sebelum memulai pertemuan besok, saya ingin mengajak seluruh keluarga ASEAN dan Republik Demokratik Timor-Leste untuk menikmati kuliner khas Indonesia, sambil menyaksikan pertunjukan tari dan musik tradisional Indonesia,” kata Zulkifli Hasan saat Gala Dinner for the 29th AEM Retreat di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa malam.

Mendag Zukifli menyampaikan Magelang, Jawa Tengah, dipilih sebagai lokasi pertemuan AEM tidak hanya karena memiliki pemandangan Candi Borobudur yang megah dan Perbukitan Menoreh yang indah, namun Magelang juga memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan.

Daerah itu dikelilingi pegunungan yang megah dan hutan jati yang cukup rimbun, kaya akan warisan budaya, sehingga akan menambah kenyamanan delegasi selama pertemuan AEM.

Baca juga: RI kejar surplus perdagangan dengan Laos dan Thailand lewat AEM

Baca juga: Kemendag kaji maladministrasi Bappebti soal perizinan bursa berjangka


Selain reputasi Candi Borobudur yang terkenal yang juga telah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, lanjutnya, Candi Borobudur juga berdiri sebagai simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari relief candi yang menggambarkan kerukunan hidup beragama dengan saling menghormati berbagai agama dan kepercayaan.

Lebih lanjut Mendag menuturkan bahwa kehadiran para Menteri ASEAN dan atau yang mewakili di Magelang, mencerminkan dukungan terhadap Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 yang mengusung tema: “ASEAN matters: Epicentrum of growth".

Lebih dari itu, pertemuan di Magelang ini menunjukkan komitmen bersama untuk mewujudkan visi membangun ASEAN yang tangguh, adaptif, inklusif, berperan sentral, memberikan manfaat bagi masyarakat di kawasan dan dunia, serta mengedepankan semangat kolaborasi untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global.

“Oleh karena itu, saya berharap besok kita dapat memberikan hasil yang nyata, untuk memastikan bahwa kita semua sebagai entitas ASEAN dapat mencapai pertumbuhan ekonomi dan memperoleh manfaat dari kerja sama ini,” ujar dia.

Adapun pada Gala Dinner for the 29th AEM Retreat tersebut seluruh delegasi ASEAN mengenakan batik dengan motif garuda dan juga motif dengan logo Keketuaan ASEAN Indonesia.

Meja makan pun sengaja diatur berhadapan langsung dengan Candi Borobudur yang telah diberi penerangan sehingga menunjukkan kemewahan warisan dunia tersebut.

Adapun negara anggota ASEAN yang hadir pada Gala Dinner tersebut adalah Kamboja, Timor Leste, Filipina, Thailand, Singapura, Laos, Brunei Darussalam dan ASEC (Sekretariat ASEAN).

Baca juga: Mendag komitmen merevitalisasi pasar rakyat

Baca juga: Mendag meresmikan pasar tematik di Kota Mojokerto Jatim


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023