Jakarta (ANTARA) - Pemberitaan tentang 21,35 juta data terpadu kesejahteraan sosial yang telah diserahkan oleh Kementerian Sosial mewarnai pemberitaan terpopuler rubrik humaniora di kanal Antaranews.com sepanjang Selasa kemarin (21/3/2023).

Data itu menjadi acuan untuk menyalurkan bantuan sosial pangan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah Indonesia.

Kemudian, ada pula pemberitaan tentang tradisi menjelang Ramadhan yang marak dilakukan oleh penduduk muslim di sejumlah kota di Indonesia juga menyita banyak perhatian pembaca. Salah satu tradisi itu adalah dugderan yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berikut ulasan pemberitaan humaniora terpopuler selengkapnya.


1. Kemensos serahkan data 21,35 juta penerima bansos pangan

Kementerian Sosial telah menyerahkan data 21,35 juta data penerima bantuan sosial atau bansos yang telah tercatat di data terpadu kesejahteraan sosial untuk menerima bansos pangan.

Pemberian bansos diutamakan pada desa-desa yang mendapatkan program keluarga harapan dan bantuan pangan non tunai.

Baca selengkapnya di sini.


2. Wapres tekankan orkestrasi seluruh komponen ekosistem zakat

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan seluruh komponen ekosistem zakat perlu diorkestrasi agar perannya semakin selaras dan saling mendukung dalam mengoptimalkan zakat.

Menurutnya, zakat sama halnya seperti makhluk hidup yang membutuhkan ekosistem yang baik agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Baca selengkapnya di sini.


3. Pawai "dugderan" sambut Ramadhan di Semarang

Pawai dugderan yang menjadi tradisi masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah, menyambut datangnya bulan Ramadhan 1444 Hijriah berlangsung meriah dengan tumpah ruahnya masyarakat di sepanjang rute rombongan karnaval.

Tradisi dengan berkeliling Kota Semarang yang dimeriahkan berbagai kesenian itu kembali dilaksanakan setelah tiga tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini.


4. Jumlah penumpang naik 6 persen di Bandara Juanda

Jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur mengalami kenaikan saat awal Ramadhan 1444 Hijriah yang berdekatan dengan Hari Raya Nyepi 2023 dan cuti bersama.

Data trafik pengelola bandara, selama sepekan terakhir tercatat sejumlah 243.258 penumpang atau meningkat 6 persen jika dibanding jumlah penumpang pada pekan sebelumnya yakni 229.481 penumpang.

Baca selengkapnya di sini.


5. Perayaan Nyepi jadi momentum untuk kontemplasi tata laku hidup

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan perayaan Nyepi menjadi momentum untuk berkontemplasi dan introspeksi diri mengenai tata laku hidup yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023