Ambon (ANTARA) - Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon masuk 75 besar ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Setelah berhasil melewati tiga tahap, yakni tahap pendaftaran dengan jumlah pendaftar sebanyak 4.573 desa wisata, kemudian tahap seleksi 500 dan 300 besar, Negri Rutong masuk 75 besar ADWI 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, 75 desa terpilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menerima penghargaan dengan lima kategori yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata & CHSE.

Negeri Rutong diikutsertakan dalam ajang ADWI dengan tujuan dijadikan percontohan guna pengembangan destinasi wisata bagi desa atau negeri lainnya di Kota Ambon

"Kami memilih Negeri Rutong, karena masuk kategori dan siap diadu dengan desa-desa lainnya di seluruh Indonesia.Ini juga merupakan percontohan membangun desa/negeri di Ambon, agar di tahun berikutnya kami bisa ikut serta," katanya.

Ia menyatakan, Negeri Rutong sebagai salah satu desa wisata yang dicanangkan di Kota Ambon, menawarkan wisata adat, wisata budaya, ekowisata, dan wisata lainnya.

"Ajang ADWI penilaian juga di fokuskan pada perkembangan digitalisasi dan ekonomi kreatif, dan Rutong telah memenuhi unsur itu," katanya.

Rico menambahkan, proses penilaian akan dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpanekraf) RI, Sandiaga Uno, dengan menyambangi 75 desa ini, kemudian penghargaan ADWI akan diserahkan Oktober 2023.

"Masuknya Negeri Rutong dalam tahap 75 besar maka hal ini patut disyukuri oleh Pemkot dan masyarakat Kota Ambon," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023