Kereta ini bernama KA Sribilah Premium. Kami mengoperasikannya di tanggal-tanggal tertentu yang kami anggap masuk masa puncak.
Medan (ANTARA) - PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan satu rangkaian kereta api tambahan dengan sekali perjalanan per hari tujuan Medan-Rantauprapat pulang-pergi selama masa angkutan Lebaran pada akhir April 2023.

"Kereta ini bernama KA Sribilah Premium. Kami mengoperasikannya di tanggal-tanggal tertentu yang kami anggap masuk masa puncak," ujar Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin kepada ANTARA di kantornya, Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Anwar melanjutkan, pihaknya akan menjalankan KA Sribilah Premium pada tanggal 15, 16, 20, 21, 22, 23, 29 dan 30 April 2023.

Baca juga: KAI: Tiket KA masa angkutan Lebaran 2023 masih tersedia Dalam satu rangkaian kereta api tersebut, terdapat 384 tempat duduk.

Anwar pun memastikan, keberadaan KA Sribilah Premium tidak akan mengganggu jam operasional kereta reguler Medan-Rantauprapat yakni KA Sribilah Utama.

Harga tiket KA Sribilah Premium pun dipastikan hampir sama dengan kereta api reguler itu.

"Harga tiketnya kurang lebih sama dengan reguler. Kami memiliki aturan terkait tarif batas atas dan tarif batas bawah harga tiket. Jadi, harganya tidak akan melewati itu," tutur Anwar.

Sementara itu untuk tujuan Tanjung Balai, yang menggunakan KA Putri Deli, Anwar Solikhin mengisyaratkan KAI Divre I tidak mengadakan kereta tambahan pada masa angkutan Lebaran meski Medan-Tanjung Balai dan sebaliknya merupakan tujuan favorit warga Sumatera Utara.

Alasannya, KAI tidak bisa sembarangan menambah rangkaian kereta Putri Deli lantaran kereta api tersebut beroperasi dengan dana subsidi atau "public service obligation" (PSO).

"KA Putri Deli berjalan dengan skema PSO, kami tidak bisa menambah begitu saja. Harus ada persetujuan dari pemerintah. Ditambah lagi, sarana kami juga terbatas karena sarana yang ada kami arahkan untuk KA Sribilah yang menuju ke Rantauprapat," tutur Anwar.

Baca juga: KAI Divre I Sumut sediakan 16.936 kursi pada masa angkutan Lebaran

PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan total 16.936 kursi selama masa angkutan Lebaran yakni pada 12 April-3 Mei 2023.

Dari jumlah tersebut, 5.700 kursi ditujukan untuk kereta api jarak jauh dan 11.236 untuk kereta api lokal.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023