Lisse (ANTARA) - Taman bunga Keukenhof, sebuah objek wisata populer di Belanda, mulai dibuka untuk umum pada Kamis (23/3).

Terletak di Kota Lisse di dekat Amsterdam, taman tersebut terkenal dengan jutaan bunga tulip, daffodil, dan bunga berumbi lainnya yang bermekaran. Taman ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan maupun penduduk setempat.
 
Pengunjung berswafoto dengan bunga tulip di taman Keukenhof di Lisse, Belanda, pada 23 Maret 2023. (Foto oleh Sylvia Lederer/Xinhua)


"Tahun 2023 menyambut kembali kedatangan pengunjung internasional," kata Direktur Keukenhof Jeroen Duyster. "Kami tak sabar menyambut kembali pengunjung dari seluruh dunia."

Duyster mengatakan kepada Xinhua bahwa dirinya gembira mengetahui semakin banyak wisatawan China bepergian ke luar negeri seiring negara tersebut mencabut pembatasan perjalanan setelah mengoptimalkan respons COVID-19-nya.

"Saya berharap mereka juga mengunjungi Keukenhof, dan melihat keistimewaannya," ujar Duyster.
 
 Pengunjung pertama disambut dengan karangan bunga tulip di taman Keukenhof di Lisse, Belanda, pada 23 Maret 2023. (Foto oleh Sylvia Lederer/Xinhua)  


Salah satu hal yang menarik dari pameran bunga tersebut adalah 7 juta umbi bunga ditanam pada musim dingin lalu untuk mempersiapkan pembukaan tahun ini.

"Tidak ada mesin yang digunakan, petugas kebun kami menanamnya dengan tangan," kata Duyster.

Keukenhof didirikan bagi petani bunga Belanda untuk menunjukkan produk mereka kepada dunia, dan taman bunga ini telah sukses menjadi daya tarik wisata, sambungnya.

"Jadi, ini merupakan kombinasi yang luar biasa." 
 
 

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023