Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengimbau  pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk turut membantu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Pemilik atau pengusaha SPBU harus mampu memberikan peluang terhadap masyarakat, terutama penyediaan gerai UMKM yang dapat meningkatkan derajat perekonomian masyarakat," katanya di Sukabumi, Jumat, (24/3).

Menurut Marwan, keberadaan SPBU tentunya bisa mendatangkan banyak pengunjung, maka akan menjadi peluang usaha yang cukup besar bagi para pelaku UMKM. Sehingga konsumen yang datang ke SPBU selain untuk mengisi bahan bakar, juga bisa membeli oleh-oleh hasil produksi UMKM khas Sukabumi.

Keberadaan SPBU yang menyangga lokasi-lokasi pariwisata tentu bisa menjadi penunjang dalam pengembangan UMKM di wilayah salah satunya dengan menyediakan gerai produk UMKM.

Seperti SPBU yang berada di Kecamatan Ciemas menjadi suatu penunjang utama bagi transportasi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh serta turut membantu pengembangan sektor pertanian dan pariwisata.

Maka dari itu, apabila pihak pengusaha memberikan ruang terhadap UMKM, maka produk hasil karya warga Kabupaten Sukabumi bisa lebih dikenal serta mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Di sisi lain, masyarakat pun bisa berperan membantu terciptanya kondisi rasa memiliki atau simbiosis mutualisme antara investor dengan masyarakat yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Sukabumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023