PT Irian Bhakti tetap menjaga komitmen membantu pemerintah daerah meningkatkan perekonomian masyarakat.
Jayapura (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Gubenur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun berharap peningkatan status badan hukum Perseroan Terbatas (PT) Irian Bhakti Papua harus mampu bersaing secara nasional dalam menjalankan bisnis, sehingga mampu mengejar keuntungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu PT Irian Bhakti tetap menjaga komitmen membantu pemerintah daerah meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Ridwan Rumasukun usai melantik Direksi dan Komisaris PT Irian Bhakti Papua, di Aula Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), Kota Jayapura, Senin.

Menurut Ridwan, dengan adanya perubahan dari Perusahaan Daerah menjadi Perseroda, maka harus ada penyesuaian-penyesuaian dan konsolidasi di semua aspek untuk mendukung usaha dan kinerja perusahaan.

“Dalam menjalankan kegiatan usaha perusahaan, PT Irian Bhakti Papua (Perseroda) akan tunduk pada ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan ketentuan lainnya,” ujarnya pula.

Dia menjelaskan, untuk itu pihaknya juga berharap pengurus yang baru segera melakukan konsolidasi secara intern dan melakukan penyesuaian sesuai ketentuan.

“Saya mengingatkan bahwa PT Irian Bhakti Papua mempunyai aset yang banyak dan tersebar di seluruh kabupaten-kabupaten di Tanah Papua, sehingga pengurus baru harus menjaga dan mengoptimalkan aset untuk mendatangkan profit bagi perusahaan dan juga menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Papua,” katanya lagi.

Pihaknya berpesan pengurus PT Irian Bhakti Papua yang baru harus mempunyai rencana bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik.

“Dengan tujuan menggerakkan pengurus dan karyawan perusahaan patuh terhadap ketentuan serta etika untuk memberi dampak bagi kinerja seluruh pengurus maupun karyawan serta stakeholder lainnya,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, selain pelantikan Direksi dan Komisaris PT Irian Bhakti Papua, Plh Gubernur Papua juga melantik jajaran Direksi dan Komisaris PT Papua Divestasi Mandiri, di Aula Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), Kota Jayapura.
Baca juga: Perusahaan rintisan Papua dikenalkan kepada pengusaha dunia
Baca juga: Gubernur ingatkan perusahaan Migas Bintuni prioritaskan tenaga lokal

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023